Gelombang Pantai Naik, Nelayan Dan Wisatawan Dihimbau Waspada

oleh
beberapa kapal rusak akibat terjangan gelombang. KH

GUNUNGKIDUL, (KH),– Berdasar pantauan Tim Search And Rescue (SAR) Kabupaten Gunungkidul, DIY kenaikan gelombang diperkirakan akan terjadi pada 4 hingga 6 hari kedepan. Untuk itu wisatawan dan nelayan di Pantasi Selatan diminta untuk mewaspadainya.

Sekretaris SAR Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto, Senin, (28/5/2018) mengatakan, kenaikan gelombang diprediksi mencapai mencapai 12,5 hit atau 3-4 meter.

“Peningkatan gelombang mulai terjadi pada Senin pagi yang mengakibatkan 3 kapal milik nelayan Pantai Baron rusak akibat hantaman gelombang,” ungkap Surisdiyanto.

Menurutnya, gelombang tinggi diprediksi akan meningkat pada sore hingga malam hari. Pihaknya menghimbau kepada para nelayan untuk tidak melakukan aktivitas ketengah laut dan wisatwan untuk tidak bermain air atau mandi dilaut terlebih dahulu.

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono menambahkan, nelayan diharapkan mematuhi himbauan yang diberikan oleh Tim SAR hingga keadaan gelombang laut dinyatakan aman kembali.

“Dalam pemantauan Tim SAR menyiagakan 58 personil yang berjaga diberbagai pantai,” terangnya. (Wibowo).

Komentar

Komentar