Forum Pendamping PKH Gunungkidul Patungan Gelar Baksos Dan Penyuluhan

oleh
Kegiatan penyuluhan kesehatan jiwa kepada masyarakat di Padukuhan Kembang, Desa Melikan, Rongkop dalam rangka 10 tahun PKH Gunungkidul. KH/ Kandar.

RONGKOP, (KH),– Menginjak usia di tahun ke 10 forum pendamping Peserta Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan berbagai kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan berupa bhakti sosial dan penyuluhan kepada masyarakat serta pelajar.

Koordinator PKH Kabupaten Gunungkidul, Suro Tri Wibowo mengatakan, kegiatan bhakti sosial di pusatkan di Padukuhan Kembang, Desa Melikan, Kecamatan Rongkop. Pemilihan lokasi tesebut didahului survei.

“Dari beberapa lokasi yang disurvei padukuhan Kembang dinilai paling tepat menjadi sasaran baksos,” katanya Jum’at, (5/5/2018).

Disebutkan, baksos yang dilakukan berupa pemberian jamban kepada 15 warga, lantainisasi bagi 5 rumah, pengecatan masjid, dan lampu penerangan jalan sebanyak 27 titik. Di luar kegiatan fisik, kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan meliputi penyuluhan pertanian, penyuluhan terkait bahaya narkoba dan penyuluhan kesehatan jiwa.

Rangkaian kegiatan perayaan dasa warsa PKH Gunungkidul tersebut telah dimulai sejak akhir April lalu. Dijadwalkan seluruh kegiatan rampung dan akan ditutup pada puncak acara 9 Mei mendatang.

“Penyuluhan pertanian berisi materi seputar teknik bertani dan sosialisasi kartu tani kepada masyarakat. Untuk materi seputar narkoba menyasar pelajar disalah satu institusi pendidikan di Kecamatan Rongkop,” papar Suro.

Sementara untuk penyuluhan terkait kesehatan jiwa dan kaitannya dengan fenomena bunuh diri diberikan kepada masyarakat semua kelompok umur. Pihaknya berharap, kegiatan yang terselenggara berkat patungan ratusan pendamping PKH serta dukungan sponsor tersebut bermanfaat bagi warga dan kelompok sasaran. (Kandar)