Fitri Handayani: Atlet Silat, Juara Baca Puisi Tingkat Nasional

Fitri Handayani

Fitri Handayani, Foto: Juju

NGAWEN, kabarhandayani.com – Cantik, enerjik dan sarat prestasi. Kata inilah yang pas untuk mengambarkan sosok Fitri Handayani. Fitri gadis kelahiran Kabupaten Gunungkidul 21 Februari 1996. Pelajar yang kini duduk di kelas XII SMA N 1 Semin pernah mengharumkan nama Gunungkidul hingga tingkat Nasional.

Namun, siapa sangka gadis pemalu dibalik balutan jilbab itu menyimpan bakat seni yang luar biasa hingga menjadi petarung tangguh dalam dunia pencak silat. Event tingkat kabupaten hingga nasional pernah dia ikuti dan berhasil mengharumkan nama Kabupaten Gunungkidul.

Sudah 2 kali Fitri mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN), dan 2 kali pula Fitri mendapatkan nomor pada 2 jenis kejuaraan yang berbeda.

”OOSN tahun kemarin saya mendapat Juara II dalam cabor pencak silat tingkat propinsi. Untuk FLSSN cabang lomba membaca puisi. Alhamdulilah saya mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat Juara Harapan 2 untuk kejuaraan tingkat nasional di Medan, Sumatera Utara dan kejuaraan di Lombok Nusa Tenggara Barat,” katanya, Selasa (4/3/2014).

Untuk tahun ini Fitri tidak lagi menjadi peserta dalam ajang OOSN dan FLSSN. Tetapi gadis yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Negri Yogyakarta (UNY) tersebut mendapat kehormatan dengan tampil membacakan puisi saat Pembukaan OOSN di Gedung Serba Guna Siyono, Playen.

”Karena saya sudah kelas XII jadi harus fokus ke ujian akhir. Jadi tidak mengikuti OOSN dan FLSSN. Tetapi untuk latihan pencak silat dan baca puisi terus saya asah setiap ada waktu luang, jika ada lomba-lomba saya pasti ikut,” paparnya.

Sejak kelas X SMA Fitri memang menyukai sastra. Ke depan dia berharap dapat diterima di UNY jurusan Bahasa jawa. Gadis pecinta kuliner sate ini berpesan kepada seluruh pemuda Kabupaten Gunungkidul untuk terus mengembangkan bakat non akademik, dan terus belajar demi masa depan yang cerah.

(Laporan Reporter: Juju, Editor: Hery)

banner 728x90