Festival Anak Sholeh 2019, Ponjong Keluar Sebagai Juara Umum

oleh
Ketua Panitia FAS, Jayadi M.Si bersama para juara. KH.

WONOSARI, (KH),– Badan Koordinasi (Badko) TKA – TPA Gunungkidul menggelar Festival Anak Sholeh (FAS) 2019 tingkat kabupaten, Minggu, (8/9/2019) di SD Muhammadiyah Al Mujahidin, Wonosari, Gunungkidul.

Ketua Panitia FAS 2019, Jayadi, M.Si., mengatakan, FAS terlaksana atas dukungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul.

Diutarakan, FAS tingkat kabupaten digelar menyusul berakhirnya FAS tingkat rayon atau kecamatan yang rampung pada Juli-Agustus 2019 lalu. “Festival kali ini diikuti 694 peserta dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP dan kelompok pemuda hasil seleksi FAS di 18 rayon,” jelas Jayadi.

Ditambahkan, di dalam FAS setidaknya terdapat 50 cabang lomba. “Mewarnai, menggambar, tartil, tahfidz, pidato, nasyid, tilawah, kaligrafi dan lain-lain,” kata Jayadi Lagi. Pihaknya berharap, selain sebagai persiapan seleksi peserta FAS ke tingkat DIY, agenda yang digelar dapat menjadi sarana pendidikan budi pekerti serta upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para generasi penerus.

Sementara itu, dalam kesempatan membuka FAS 2019, Wakil BUpati Gunungkidul, DR Immawan Wahyudi SH MH, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan FAS. “Pemerintah daerah mendukung penuh pelaksanaan Festival Anak Sholeh, kami berharap ada wakil dari Gunungkidul nanti maju hingga tingkat nasional,” harap Immawan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid, S.Pd., M.M menyebutkan, FAS merupakan ajang silaturahim anak-anak TPA TPQ sekaligus sebagai tolok ukur sejauhmana hasil pendidikan di masing-masing lembaga.

Pihaknya mengaku memberikan dukungan berupa program dan dana pelaksanaan. Senada dengan Immawan, Bahron Rosyid juga berharap kontingen dari Gunungkidul yang dikirim ke DIY nanti lolos maju hingga tingkat nasional.

Berdasar skor yang dikumpulkan masing-masing kontingen, Kecamatan Ponjong keluar sebagai juara umum dengan perolehan poin sebanyak 72. Disusul di peringkat 2 Kecamatan Wonosari dengan poin 57. Sementara Kecamatan Playen berada diurutan 3 dengan poin 54.

Adapun peringkat seluruh kontingen berikutnyaialah Karangmojo: 42, Tanjungsari: 35, Semanu: 25, Semin: 24, Rongkop: 20, Ngawen: 19, Purwosari: 15, Girisubo: 11, Gedangsari: 9, Paliyan: 9, Nglipar: 8, Patuk: 8, Tepus: 7, Panggang: 5, dan Saptosari: 3. (Kandar)

Komentar

Komentar