Exploring Pilangrejo Usai, GP Lanjut Gelar Lomba Foto IG

oleh
Peserta Exploring Pilangrejo berfoto bersama di puncak Sriten, Pilangrejo. foto: istimewa.

NGLIPAR, (KH),– Kegiatan tahunan mengeksplorasi potensi baik seni budaya, ekonomi serta alam suatu desa melalui dunia fotografi yang digelar komunitas Gunungkidul Photography (GP) telah usai. Kegiatan yang digelar di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar tersebut berlangsung selama dua hari, 24-24 Februari 2018.

Ketua Pelaksana Kegiatan, St Sujoko mengatakan, kegiatan berjalan lancar dan terbilang sukses. Terjadinya hujan cukup deras pada hari pertama tidak menimbulkan masalah berarti bagi panitia dan puluhan peserta kegiatan bernama ‘Exploring Pilangrejo’ tersebut.

“Komunitas GP merasa terpanggil untuk turut serta memiliki andil memajukan desa-desa di Gunungkidul dengan mengangkat dan mengenalkan potensi-potesinya ke khalayak melalui dunia photography,” terang Joko.

Disebutkan, beberapa objek foto antara lain; home industri gula kelapa, Reog Punakawan Pilangrejo, produksi kerajinan bambu, sendratari “Dumadining Sriten” di area Embung Sriten, sunrise puncak Sriten, dan tradisi Upacara Babad Dalan Kupatan serta terbangan.

Sambung lelaki asal Desa Logandeng ini, sebagian besar peserta berasal dari luar Gunungkidul, diantaranya; Surabaya, Bangka Belitung, Sulawesi, Jakarta, Solo, dan Jogja.

Ratno, peserta asal Surabaya mengaku sangat terkesan dengan pilihan spot atau lokasi serta pernak-pernik objek foto yang dipilih panitia. “Salut, potensi alamnya luar biasa. Tahun depan saya mau ikut lagi,” tandasnya.

Kades Pilangrejo, Sunaryo berterimakasih kepada komunitas GP yang memilih wilayahnya dijadikan lokasi kegiatan. Pihaknya berharap, kegiatan tersebut membawa manfaat bagi masyarakat Pilangrejo.

“Dengan semakin dikenalnya potensi yang ada di Desa Pilangrejo, mudah-mudahan berdampak pada kesejahteraan warga,” harap Sunaryo.

Sementara itu, Ketua GP, Basuki Rahmanto menambahkan, usai gelaran Exploring Pilangrejo, GP menambah rangkaian kegiatan dengan mengadakan lomba foto melalui Instagram. Lomba diperuntukkan bagi peserta Exploring Pilagrejo dan masyarakat Desa Pilangrejo. Bagi yang berminat dapat mengikutinya hingga batas waktu pada 4 Maret mendatang.

Peserta yang mengkuti selain mengaploud foto diwajibkan memfollow akun IG GP, pariwisata_gk dan Goendoel Handayani. Peserta yang dinayatakan keluar sebagai pemenang akan mendapat hadiah sejumlah uang dan kaos. (Kandar)

Komentar

Komentar