Enam Seniman Terima Penghargaan Dan Uang Masing-Masing Rp. 15 Juta

oleh
Bupati Gunungkidul, Badingah menyerahkan penghargaan kepada seniman dan pegiat budaya. (Wibowo)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Bertepatan dengan Hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke 187 setidaknya ada 6 seniman dan pegiat budaya di Gunungkidul menerima penghargaan dan uang tunai. Penghargaan diberikan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus kamtono mengatakan, enam seniman dan budayawan yang terpilih mempunyai peran masing-masing dalam pelestarian dan pengembangan seni dan budaya di Kabupaten Gunungkidul.

“Anugrah penghargaan diberikan kepada pelestari dan pegiat budaya atas dedikasinya,” katanya. Selain penghargaan, enam seniman dan budayawan tersebut juga menerima uang masing-masing senilai Rp. 15 juta.

Enam pegiat seni dan budayawan yang mendapat penghargaan diantaranya, CB Supriyanto penjaga adat dan tradisi rasulan, Yohanes Suntono Pegiat seni dan ketoprak, Istiyat warga rongkop Gunungkidul yang merupakan pelestari joglo. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada pegiat seni karawitan Puji waluyo dan Heri Nugroho selaku pegiat seni pedalangan, serta Sri Suhartanti pelestari seni tari tradisional.

Lebih jauh disampaikan, sebelum enam pegiat seni dan budaya terpilih menerima penghargaan terlebih dahulu telah melalui seleksi yang ketat. sebelumnya ada 12 orang yang masuk dalam nominasi sebagai penerima.

Penghargaan disampaikan langsung oleh Bupati Gunungkidul, Badingah di panggung hiburan di alun-alun Wonosari, Kamis, (10/5/2018) malam. Dalam kesempatan penyerahan, bupati menegaskan, penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu generasi muda menajadi generasi penerus untuk turut melestarikan seni dan budaya di Gunungkidul.

“Penghargaan juga menjadi sarana memperkuat seni dan budaya. Pengharagaan kita berikan karena mereka tulus menjadi penggerak seni dan budaya tanpa bayaran,” tandas bupati. Menurutnya sangat pantas jika pada momentum hari jadi kabupaten, para pegiat seni dan budaya mendapat penghargaan. (Wibowo)

Komentar

Komentar