Ecospa: Produk Layanan Wisata Baru Dari Nglanggeran

oleh
Layanan Ecospa di Gunung Api Purba Nglanggeran. KH.

PATUK, (KH),– Gunung Api Purba (GAP) Nglanggeran telah menjadi ikon wisata yang fenomenal di Yogyakarta. Keberhasilannya dalam memberdayakan masyarakat diberbagai aspek patut diapreasiasi.

Bahkan, cukup sering Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang menaungi layanan wisata di Desa Nglanggeran ini selalu  memunculkan layanan wisata baru yang fresh dan hangat. Misalnya saja pada tahun 2019 ini, Nglanggeran telah memberdayakan program wisata baru yang dikenal dengan nama ecospa.

Tahun ini, Purba Ayu Spa sebagai kelompok ecospa meraih predikat sebagai stand terbaik kedua dalam event Gunungkidul Tourism Festival. Ecospa merupakan layanan wisata kesehatan yang berbasis pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Kelompok spa Purba Ayu telah menjalankan kegiatan ecowisata dibidang spa melalui treatment pemijatan dan pelatihan pembuatan produk berbahan dasar cokelat. Pelatihan tersebut diarahkan agar pengunjung yang datang mendapatkan edukasi wisata pengolahan cokelat tidak hanya sebagai bahan makanan dan minuman saja tetapi juga dalam bentuk lulur dan masker.

“Pengembangan keterampilan masyarakat menghasilkan produk kecantikan dan kesehatan. Sangat bermanfaat bagi masyakat, sebab meningkatkan pendapatan keluarga,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti usai menikmati spa di Nglanggeran belum lama ini.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis GAP, Mursidi menerangkan bahwa ecospa merupakan inovasi baru yang diharapkan dapat menggaet wisatawan untuk datang ke Nglanggeran. Konsep ecospa yang menggabungkan teknik relaksasi di alam terbuka dan edukasi produk dinilai sangat diminati pengunjung.

“Beberapa kelompok studi wisata sudah pernah mengikuti rangkaian wisata ecospa seperti tamu dari Kalimantan, Jawa Timur, Sumatra, kelompok studi berbagai universitas, bahkan juga dinikmati wisatawan mancanegara,” papar dia. (Kandar)

Komentar

Komentar