Distribusi Air Ke Masyarakat Terkendala, PDAM Aktifkan Kembali Sumur Pompa

oleh
Pemasangan booster pompa oleh petugas PDAM guna melancarkan suplai air ke masyarakat. foto: istimewa.

TANJUNGSARI, (KH),– Masyarakat di Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul tidak mendapat suplai air bersih dengan lancar dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani.

Masyarakat mengeluh lantaran air tidak mengalir ke wilayah Hargosari sudah berlangsung sejak lama. Merespon hal tersebut, belakangan PDAM Tirta Handyani berupaya mengatasi permasalahan pemenuhan air tersebut.

Kepala PDAM Cabang Bribin, Wasidi mengungkapkan, belakangan proses pengerjaan pemasangan Hidrofor Pompa di Wilayah Pacarejo, Kecamatan Semanu tengah dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan air di Hargosari.

Disampaikan, bencana banjir Tahun 2017 kemarin mengakibatkan kerusakan 3 unit pompa yang berada di intake Bribin. Pompa hanyut terkena banjir dan mengalami rusak total. Sehingga kinerja sistem produksi dan distribusi air tidak maksimal.

“Petugas mengalami kendala dalam upaya pengcekan pompa di dalam Gua Bribin. Sebab, sepanjang mulut gua terendam air lumpur. Selain itu susahnya medan mengakibatkan petugas berfikir ulang untuk masuk kedalam goa. Disamping itu besarnya risiko konsleting dapat terjadi pada kabel panel pompa,” papar Wasidi, Selasa, (22/5/2018).

Hal lain, kedalaman endapan lumpur sepanjang jalan masuk ke dalam goa menjadi kendala lain yang cukup menghambat..

Rusaknya tiga unit pompa di intake Bribin praktis membuat produksi air yang disuplai ke wilayah 6 kecamatan yaitu Kecamatan Rongkop, Semanu, Tepus, Tanjungsari, Girisubo dan sekitarnya, mengalami kendala.

“Berbagai metode dan strategi sudah dilakukan petugas PDAM Tirta handayani. Mulai dari penjadwalan pembagian atau distribusi air hingga menambahkan boster pompa guna mengaktifan kembali sumur pompa,” terang Wasidi lagi.

Diakui, meski dengan upaya penjadwalan distribusi air, saat ini pelayanan pemenuhan air belum bisa maksimal, sebab pompa belum berfungsi secara keseluruhan. Kepada warga di wilayah terdampak kerusakan pompa pihaknya memohon pengertian.

“Pemasangan booster pompa mudah-mudahan dapat menjadi solusi pemenuhan air khususnya ke Hargosari,” harap Wasidi. (Kandar)

Komentar

Komentar