Dispertan Gunungkidul Sosialisasikan UBSUS SIWAB Secara Maraton

oleh
Sosialisasi UBSUS SIWAB di Karangmojo. Dok: YFS.

KARANGMOJO, (KH).- Pada Selasa (19/2), Dinas Pertanian dan Pangan bersama jajaran UPT Puskeswan Karangmojo mengadakan sosialisasi UPSUS SIWAB 2019. Sosialisasi dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Ir Bambang Wisnu Broto, dan didampingi oleh Kepala Bidang Peternakan beserta jajarannya.

Sosialisasi merupakan salah satu upaya untuk menyampaikan program-program pemerintah ke masyarakat. Penderasan informasi dilakukan agar sampai ke masyarakat dengan jelas, karena program ini sangat dibutuhkan.

Dalam sosialisasi ini ditegaskan, program UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) merupakan program yang terintegrasi dan terkoordinasi antar sektor di bidang peternakan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan populasi sapi secara nasional guna memenuhi kebutuhan daging sapi.

Perlu diketahui, program UPSUS SIWAB meliputi beberapa kegiatan, yaitu: bantuan pakan ternak, layanan penanganan gangguan reproduksi sapi, layanan Inseminasi Buatan, serta pemeriksaan kebuntingan.

Bambang menjelaskan, layanan UBSUS SIWAB yang sudah berjalan adalah Inseminasi Buatan dan Pemeriksaan Kebuntingan yang tanpa dipungut biaya, dengan catatan ketersediaan dana dari pemerintah pusat masih tersedia. Adapun untuk pakan ternak dan penanganan gangguan reproduksi belum ada petunjuk lebih lanjut.

Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat lebih bisa memahami program pemerintah pusat,serta lebih proaktif dalam hal pelaporan status kebuntingan, dan kelahiran kepada petugas IB setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menambahkan, Kegiatan sosialisasi UBSUS SIWAB akan dilaksanakan secara maraton ke 18 kecamatan di Kabupaten Gunungkidul. (YFS DispertanGk/Bara)

Komentar

Komentar