Disdukcapil Himbau Masyarakat Segera Ambil KTP Elektronik

oleh

image
Eko Subiantoro, Kepala Dinas Dukcapil Gunungkidul. KH/Kandar.

WONOSARI, (KH)— Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul menghimbau kepada seluruh warga Gunungkidul untuk segera mengambil atau melakukan aktivasi KTP elektronik di kecamatan masing-masing.

Eko Subiantoro, SH Kepala Disdukcapil mengatakan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Presiden RI No 112 Tahun 2013 tentang perubahan peraturan sebelumnya mengenai penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara Nasional pada pasal 10 berbunyi; KTP non elektronik tetap berlaku bagi penduduk yang belum mendapatkan e-KTP sampai dengan paling lambat 31 Desember 2014. Namun kenyataannya, adanya beberapa kendala sehingga masih ada sisa cetak hingga Arpil 2015 lalu.

Dengan begitu, lanjutnya, sehingga sebagai pengganti KTP diterbitkan surat keterangan yang jumlahnya mencapai 22.000, untuk saat ini proses penggantiaan surat keterangan menjadi e-KTP sudah selesai. Sesuai data terakhir yang dimiliki, jumlah termasuk untuk pengganti surat keterangan, hingga hari ini total KTP tercetak ada 41.129 keping.

”Dari jumlah tersebut, terpantau baru sebanyak 17.940 yang terdistribusi atau telah dilakukan aktivasi oleh pemegang, kami himbau semua warga yang masih memegang KTP non elektronik untuk segera mengambil atau melakukan aktivasi e-KTP di kecamatan masing-masing,” tandas Eko saat ditemui diruangannya, Rabu, (4/11/2015).

Mengingat pentingnya data identitas kependudukan, secara tegas Dia berpesan, ketika mengambil hendaknya sekaligus melakukan aktivasi, kalau tidak, jika suatu saat dalam penggunaannya menggunakan alat card reader maka tidak akan terdeteksi.

Sementara itu Arisandy Purba, AP, MPA Kepala Bidang Kependudukan menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan 3.315 e-KTP yang belum tercetak selesai minggu ini atau sekitar pertengahan November 2015.

”Mulai Desember nanti kita akan berupaya untuk setiap pengajuan akan selesai dalam tiga hari,” ucapnya yakin. (Kandar)

Posted from WordPress for Android

Komentar

Komentar