Disdikpora Gunungkidul Gelar Pelatihan Menulis Kreatif

oleh
Pelatihan Menulis Kreatif yang digelar Disdikpora Gunungkidul. (KH)

WONOSARI, (KH),– Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) menggelar program kursus atau pelatihan ‘Menulis Kreatif’. Pelatihan ini diperuntukkan bagi masyarakat Gunungkidul yang ingin mengembangkan diri melalui dunia tulis-menulis.

Kepala SKB Gunungkidul, Drs. Suharjiya, MA., mengatakan, kegiatan pelatihan Menulis Kreatif digelar selama dua mingguan. Pelatihan menulis bertujuan untuk membuka wawasan peserta pelatihan mengenai peluang ketrampilan menulis sebagai salah satu ketrampilan hidup yang yang dapat dikembangkan menjadi salah satu sumber mata pencaharian.

“Pelatihan juga untuk memberi bekal mengenai teknik-teknik penulisan dengan berbagai out put jenis tulisan, seperti berita, esai, puisi, syair lagu dan lain-lain,” kata Suharjiya, Selasa, (8/10/2019).

Lebih jauh disampaikan, pada hakekatnya setiap orang bisa menulis. Menjadi penulis merupakan profesi yang memberikan standar kesejahteraan lebih, tapi harus dengan syarat total dan professional.

Ditambahkan, peserta pelatihan menulis yang dilaksanakan di kompleks SKB Gunungkidul itu berjumlah 20 orang dari berbagai latar belakang. Pihaknya berharap, usai kegiatan pelatihan peserta diharapkan dapat menguasai teknik-teknik penulisan kreatif.

Dalam pelaksanaannya, SKB mendatangkan pemateri praktisi dalam dunia tulis menulis, diantaranya jurnalis SKH Kedaulatan Rakyat, Wuragil Dedy Tri Prasetyo, penulis buku, Sigit Purnomo dan pengarang lagu, Istriyono.

Salah satu pemateri, Wuragil Dedy Tri Prasetyo menyebutkan, menulis dengan produk karya jurnalistik menjadi materi utama yang disampaikan. “Kami sampaikan bagaimana tahapan-tahapan menulis dengan hasil karya produk jurnalistik, mulai dari pengumpulan data, penyusunan berita dan lain-lain,” jelas Dedy. (Kandar)

Komentar

Komentar