Disbud Gunungkidul Bersama UGM Lakukan Kajian Pembangunan Museum

oleh
Desain rencana pembangunan museum di Gunungkidul. foto: Disbud Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dinas Kebudayaan Gunungkidul bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan kerjasama dalam bidang kajian pendirian museum Gunungkidul. Kajian pendirian museum ini bertujuan untuk memperoleh data awal berkaitan dengan urgensi, data koleksi objek budaya, konsep dan tema museum, sekaligus perkiraan luasan lahan yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Drs Agus Kamtono M.Si mengatakan, rencana pembangunan museum saat ini baru dalam tahap kajian.

“Dari kajian museum tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan kajian pengadaan tanah yang bertujuan untuk memperoleh data lahan yang akan ditempati museum,” ujarnya belum lama ini.

Lanjutnya, pada tahun 2020 dilanjutkan dengan appraisal tanah dan pengadaan tanah. Jika tahapan tidak ada kendala baru di tahun 2021 kegiatan pembangunan fisik museum dilaksanakan.

Menurutnya, langkah awal pendirian museum berupa kajian menjadi sangat penting, agar kelak museum yang dibangun memiliki karakter kuat yang mencerminkan potensi dan etalase Budaya Gunungkidul.

“Jangka panjangnya kehadiran museum ini dapat memberikan multiplier effect dibidang ekonomi, sosial dan pendidikan,” tukas Agus Kamtono. (Kandar)

Komentar

Komentar