Dirjen Politik Dan Pemerintahan Umum Kemendagri Ajak Lestarikan Keris Dan Tosan Aji Nusantara

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo saat mengunjungi stand Tosan Aji milik Organisasi Budaya Senapati Nusantara. foto: Unggul.

JAKARTA, (KH),– Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk bersama-sama mencintai dan melestarikan keris dan tosan aji indonesia.

Hal itu ditegaskan Soedarmo saat meninjau stand pameran Senapati Nusantara dalam gelaran Nusantara Expo &Forum 2017 yang diselenggarakan oleh Direktorat Ketahanan Ekonomi, Sosialdan Budaya, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri bertempat di Taman Mini Indonesia Indah, 18-22Oktober 2017 lalu.

“Saya mengajak peran aktif para para budayawan dan pelaku seni, para pelaku media dan jajaran pemerintahan, serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan tosan aji nusantara khususnya keris Indonesia,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum sangat mendukung upaya pelestarian keris Indonesia yang dilakukan oleh Senapati Nusantara ini.

“Kami mendukung 100 Persen,” ujar Soedarmo dalam kunjungannya. Seperti yang diketahui, Keris Indonesia telah diakui sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 25 November 2005.

Melalui Nusantara Expo & Forum 2017 ini, Kementerian Dalam Negeri ingin memajukan dan mengenalkan berbagai potensi kepada semua pemangku kepentingan dengan melibatkan berbagai Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta dan organisasi budaya di Indonesia.

Salah satu organisasi budaya yang berpartisipasi dalam gelaran ini adalah Senapati Nusantara melalui perwakilannya di Jakarta yakni Komunitas Tosan Aji Jayakarta yang mengenalkan beragam keris dan senjata nusantara kepada ribuan pengunjung Nusantara Expo.

“Kita harus bangga bahwa budaya luhur kita, keris Indonesia telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Berdasarkan riset hal ini berdampak positif dalam memajukan ekonomi kerakyatan. Upaya Senapati Nusantara mengangkat keris Indonesia juga merupakan komitmen kami dalam meneguhkan semangat Trisakti Bung Karno, Berdikari dalam Ekonomi, Berdaulat dalam Politik dan Berkepribadian dalam Budaya.” papar Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara, Hasto Kristiyanto.

Dari pantauan di lapangan, animo pengunjung dalam gelaran Nusantara Expo 2017 sangat tinggi. Mereka antusias melihat berbagai keris dan senjata tradisional nusantara yang ditampilkan. Ketua Komunitas Tosan Aji Jayakarta, Setiawan mengungkapkan, hadirnya stand keris memberikan warna tersendiri dalam gelaran ini dan mendapat respon positif dari pengunjung pameran.

“Kami terkejut stand kami mendapat respon dan perhatian yang tinggi dari pengunjung pameran. Kami tidak menyangka ribuan orang hadir dalam acara ini. Kami juga berterimakasih atas kunjungan dan dukungan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri yang mendukung pelestarian keris dan tosan aji nusantara melalui acara ini.” Ungkap Setiawan.

Acara Nusantara Expo yang berlangsung selama 5 hari ini merupakan salahsatu agenda nasional yang rutin digelar oleh Kementerian Dalam Negeri setiap tahunnya guna memperkenalkan beragam potensi dan produk unggulan dari berbagai daerah. Selain expo, acara ini juga menghadirkan berbagai para pakar dan ahli dalam forum ekonomi, maritim dan budaya. (Unggul)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar