Dinas Pariwisata Targetkan 280 Ribu Wisatawan Kunjungi Gunungkidul

oleh
Pantai Ngedan di Saptosari. KH

WONOSARI, (KH),– Libur pajang Natal dan tahun baru 2018 Dinas Pariwisata Gunungkidul mematok target sebanyak 280 ribu wisatawan masuk mengunjungi Gunungkidul.

Guna pencapaian target tersebut segenap persiapan dilakukan. Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Saryanto, persiapan mencakup infrastruktur maupun publikasi informasi seputar pariwisata Gunungkidul.

“Kami optimis target tersebut dapat tercapai. Penerimaan kunjungan akan dihitung selama 9 hari,” kata Saryanto, Kamis, (21//12/2017). Penghitungan sembilan hari tersebut akan dimulai dari tanggal 24 Desember 2017 dan berakhir pada 1 Januari 2018.

Saryanto mengakui, kunjungan wisatawan memang turun akibat adanya bencana banjir. Banyak destinasi mengalami kerusakan, namun dirinya memastikan seluruh destinasi wisata di Gunungkidul saat ini sudah siap menyambut wisatawan.

“Penurunan kunjungan akibat banjir sebesar 30-40 persen,” ungkapnya.

Hingga saat ini masih terdapat destinasi wisata yang masih diupayakan kesiapannya menghadapi musim libur akhir tahun ini. Terdapat tiga destinasi mengalami kerusakan cukup parah. Tiga destinasi tersebut diantaranya; Cave Tubing Kali Suci yang ada di Kecamatan Semanu, Pantai Wediombo yang berada di Kecamatan Girisubo dan Air Terjun Sri Getuk yang berada di Kecamatan Playen.

Mengenai antisipasi kepadatan arus lalu lintas, Dinas Pariwisata telah berkoordinasi dengan Polres Gunungkidul. Satlantas Polres Gunungkidul akan memberlakukan tiga jalur diantaranya; Jalur JJLS menuju Panggang dan melalui Kabupaten Bantul. Jalur tengah yang melewati Kecamatan Playen dan melalui Dlingo Bantul serta jalur Jogja-Wonosari yang melalui jalan propinsi.

“Selain menerapkan satu jalur, telah ditentukan pula jalur alternatif menuju pantai,” imbuh Saryanto. (Wibowo)