Dinas Pariwisata Hendak Wujudkan Wisata Ramah Difabel

oleh
Sekertaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hari Sukmono.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Pembangunan amenitas pariwisata di Gunungkidul terus dilakukan. Dalam pembagunannya, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata secara khusus juga menggagas dan merealisasikan penyediaan sarana pendukung bagi difabel.

Sekretaris Dinas Pariwista Kabupaten Gunungkidul, Hari Sukmono mengatakan, hal tersebut dilakukan guna mewujudkan penyelenggaraan pariwisata yang ramah difabel. Pembangunan sarana pendukung bagi kaum penyandang disabilitas itu akan dilaksanakan secara bertahap.

“Seluruh destinasi wisata diharapkan mempunyai sarana pendukung untuk kaum penyandang disabilitas,” harap Hari, Jum’at, (23/3/2018).

Menurutnya, konsep pembangunan pariwisata tersebut merupakan bagian dari kerangka besar pengembangan kepariwisataan. Dicontohkan, salah satu sarana bagi difabel yang telah dibangun berupa jalan khusus bagi difabel di Pantai Drini. Penyediaan sarana serupa juga akan diterapkan di Pantai Wediombo.

“Dinas Pariwisata juga siap mengakomodir penyandang disabilitas untuk memiliki keahlian dibidang pariwisata,” tambah Hari.

Menurutnya, Pemerintah tidak hanya akan melakukan pengembangan amenitas yang ramah difabel, akan tetapi juga memberdayakan kaum difabel memiliki keahlian dalam hal penyelenggaraan seputar pariwisata.

Dinas Pariwisata merasa optimis wisata ramah difabel akan terselenggara di Gunungkidul. “Sebagai langkah awal, koordinasi dengan kaum penyandang disabilitas telah beberapa kami dilaksanakan,” sambung Hari. (Wibowo)

Komentar

Komentar