Desa Purwodadi: Pentas Wayang Kulit Menutup Pelatihan Seni

oleh

TEPUS, Kabarhandayani; Tiga dalang menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di Desa Purwodadi Tepus pada Selasa malam (29/4/2014). Pentas wayang kulit ini diselenggarakan sebagai acara penutupan pelatihan seni budaya di desa Purwodadi Tepus.

Pelatihan seni budaya tersebut diselenggaran oleh Pemerintah Desa Purwodadi dalam rangka memunculkan kembali seni dan budaya yang telah tenggelam dan sudah jarang dilakukan. Pelatihan dilakukan seama dua bulan, di antaranya untuk seni karawitan dan seni tari-tarian.

 Sugiyatna Sekretaris Desa Purwodadi menyampaikan, “acara ini dilakukan untuk mengetahui sampai di mana kemampuan seni dan budaya, dan dilanjutkan dengan pelatihan selama dua bulan.” Peserta pelatihan seni tari sebagian besar adalah anak anak yg masih sekolah sebanyak 30 anak, sedangkan peserta pelatihan karawitan adalah warga desa yang sudah berkeluarga sebanyak 30 orang.

Dalam acara penutupan kegiatan pelatihan ini dihadiri pejabat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul serta Camat Tepus. Tiga dalang yang melakukan pertunjukkan secara bergiliran pada malam tersebut berasal dari Desa Purwodadi Tepus.

Penulis: Heri Purnomo. Editor: Jjwidiasta.

Komentar

Komentar