Dengan UV Dryer, Petani Mampu Keringkan Hasil Panen Saat Musim Hujan

oleh
Peresmian Pengering UV Dryer di Playen, Gunungkidul. KH.

PLAYEN, (KH),– Gapoktan Sido Maju Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul menerima bantuan teknologi pengering Ultra Violet (UV) Dryer dari Kementerian pertanian. Peresmian penggunaan teknologi tersebut dilaksanakan Selasa, (13/8/2019).

Ketua Gapoktan Sido Maju, Sumari CW mengucapkan terimakasih atas dukungan terhadap usaha pertanian berupa teknologi pengering.

“UV Dryer dapat dimanfaatkan kelompok tani se Desa Bleberan bila membutuhkan pengeringan padi dan palawija pada saat panen terlebih ketika musim hujan,” kata Sumari.

Secara simbolis peresmian dilakukan Kepala Dinas Pertanian Pangan (DPP), Ir.Bambang Wisnubroto dan Kepala BPTP Balitbangtan Yogyakarta, Dr. Joko Pramono.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DPP Kabupaten Gunungkidul, Ir.Bambang Wisnu Broto berharap bantuan pengering dipergunakan sebaik mungkin sehingga meningkatkan pendapatan petani. “Dengan alat pengering mutu jagung dan kedelai sesuai standar pasar sehingga harganya terjamin,” kata Bambang.

Sementara itu, Kepala BPTP berharap bantuan yang telah di berikan Kementan dapat dimanfaatkan oleh anggota Gapoktan untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian kedelai dan jagung.

“Utamanya untuk pengeringan benih kedelai agar dihasilkan benih kedelai berkualitas. Dengan alat pengering bertenaga matahari ini akan membantu petani dalam mengeringkan hasil panen,” jelasnya.

Dalam kesempatan peresmian juga diserahkan secara simbolis bantuan benih jagung hibrida untuk 6 poktan se desa Bleberan dan bantuan benih kedelai varietas Anjasmoro dari pemerintah untuk perbenihan seluas 5 ha. (Kandar)

Komentar

Komentar