Demi Kesehatan, Warga Desa Pampang Sepakat Tak Merokok Di Dalam Rumah

oleh
Kades Desa Pampang, Paliyan. KH

PALIYAN, (KH),– Demi menjaga anggota keluarga yang tidak merokok, warga di Desa Pampang, Kecamatan Paliyan menyepakati tidak merokok di dalam ruangan. Komitmen bersama ini telah dimulai sejak akhir 2016 lalu.

Kepala Desa Pampang, Iswandi mengatakan, setelah dimulainya kesepakatan bersama tersebut yang dilakukan dengan pembubuhan tanda tangan oleh berbagai elemen masyarakat, warga berangsur secara sadar turut mendukungnya.

“Ini dilakukan demi menjaga kesehatan anggota keluarga yang tidak merokok di masing-masing keluarga. Karenanya pula kami meraih juara 1 pada lomba Kampung Hijau pertengahan 2016 silam,” ujar Iswandi.

Menurutnya, komitmen bersama tersebut memberikan andil pada penilaian lomba yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup itu. Selain itu pihaknya juga megklaim bahwa kesehatan masyarakat di desa dengan 945 kepala keluarga ini meningkat.

Agar kesepakatan tidak merokok di dalam ruangan dapat diketahui dan diikuti seluruh warga, sosialisasi gencar dilakukan melalui berbagai kesempatan pertemuan. Sosialisasi yang dilakukan diantaranya berisi mengenai seputar perilaku hidup sehat.

Salah satu warga, Parmanto mengungkapkan, kesepakatan warga tersebut berdampak cukup baik bagi kesehatan warga. Menurutnya, apabila merokok di dalam rumah mengakibatkan polusi udara, sebab asap rokok tidak mudah terurai.

Dukuh Kedungdowo Kulon, Desa Pampang, Murjiyo. KH

Sementara itu Kepala Padukuhan Kedungdowo Kulon, Murjiyo menambahkan, dengan adanya kesepakatan tersebut warga kompak menentukan tempat-tempat khusus yang digunakan untuk merokok.

“Di padukuhan kami tempat berkumpul warga untuk merokok di balai dusun. Selain itu biasanya juga di pinggir suungai atau tempat terbuka lain,” urainya.

Lanjutnya, dalam setiap malam, di balai padukuhan berkumpul sekitar 30 hingga 40 warga para perokok. Selain kesepakatan bebas asap rokok di dalam rumah, warga juga menyepakati tidak membakar sampah guna menghindari polusi udara. (Kandar)

Komentar

Komentar