Dapatkan Menu Kuliner Jadul Untuk Buka Puasa Di Pasar Ekologis Argowijil

oleh
Pasar Ekologis Argowijil. (KH).

WONOSARI, (KH),– Bosan berbuka puasa dengan makanan cepat saji? Datang ke Pasar Ekologis Argowijil adalah jawabannya. Di pasar yang berada Desa Gari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul ini dapat ditemui berbagai kuliner jadul.

Lurah Pasar, Naryanto mengatakan, pasar yang berada kurang lebih 10 kilometer dari ibu kota kabupaten Gunungkidul ini awalnya merupakan sebuah bekas tambang galian batu.

Oleh inisiatif tokoh warga dan dukungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terbentuklah sebuah pasar kuliner. Yang disediakan di pasar ini terutama kuliner tempo dulu. Setidaknya terdapat puluhan jenis olahan makanan jaman dulu di pasar ini

Meski mengusung konsep pasar kuliner tradisional, seiring berjalannya waktu makanan makanan masa kini mulai merambah masuk ke pasar ini.

Es jenang ijo, salah satu menu kuliner tradisional. (KH)

“Kuliner tradisional ada Bonggol,terbuat dari kulit ketela. Bothok Manding; terbuat dari parutan kelapa dan manding, Glinding Burung Dara, thiwul dan es jenang ijo yakni kombinasi antara es dawet dan jenang ijo, serta masih banyak lagi,” urai Naryanto, belum lama ini.

Untuk berkunjung ke pasar argowijil ini, tak perlu khawatir dengan biaya. Sebab di pasar ini semua harga makanannya sangat terjangkau.

Tempatnya yang jauh dari ibu kota kabupaten membuat nuansa pedesaan cukup kental. Jika beruntung menjelang sore hari pengunjung juga bisa menikmati sunset dari pasar ini. (Kandar)

Komentar

Komentar