Dalam Setiap Bulan Kebutuhan Darah Di PMI Gunungkidul Tinggi

oleh
ilustrasi.

WONOSARI, (KH),– Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gunungkidul selalu siap memfasilitasi masyarakat, institusi maupun lembaga yang akan menggelar kegiatan donor darah. Hal tersebut mengingat tingginya kebutuhan darah dalam setiap bulan.

Kepala Palang Merah Indonesia (PMI), Gunungkidul, Iswandoyo, mengatakan, minat warga Gunungkidul untuk mengikuti event kemanusiaan tersebut cukup tinggi jika dilihat dari jumlah kehadiran dalam setiap acara donor darah.

Seperti pada kegiatan donor danar pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke 187 beberapa waktu lalu. Menurut Iswandoyo, dalam setiap kegiatan donor darah setidaknya 100 hingga 200 orang mengikutinya.

“Masalah kesehatan seperti operasi, demam berdarah dan tipes menjadi faktor tingginya permintaan darah,” katanya beberaapa waktu lalu.

Diungkapkan, donor darah sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri dan orang lain. Momentum donor darah tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi secara dini ada tidaknya penyakit yang diderita oleh pendonor.

Sementara bagi yang membutuhkan, darah sangat bermanfaat bagi yang sedang dalam mengupayakan kesehatan. Untuk kebutuhan operasi atau bagi orang yang banyak mengalami kehilangan darah karena penyakit tertentu.

Salah satu pendonor pada peringatan HUT Kabupaten Gunungkidul, Nur Arif Wibowo merasa terpanggil untuk mengikuti kegiatan kemanusiaan tersebut. Menurutnya dengan ikut serta kegiatan donor darah dirinya dapat turut serta membantu kesehatan dan keselamatan nyawa orang lain. (Wibowo)