Curi Barang Senilai Belasan Juta, Pemuda Paliyan Dibekuk Polisi

oleh
AS (18) alias Unyil warga Paliyan pelaku pencurian di Piyaman, Wonosari. Foto: Humas Polres Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, (KH),– AS (18) alias Unyil dibekuk Unit Reskrim Polsek Wonosari bersama dengan Tim Opsnal Polres Gunungkidul, Jum’at, (6/4/2018) lalu. Ia ditangkap di rumahnya di Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Riko Sanjaya. SH, SIK, menjelaskan, penangkapan AS bermula dari adanya laporan dari warga tentang peristiwa pencurian di Piyaman, Wonosari. Korban pencurian, Sulasmi (50) menderita kerugian hingga Rp. 15 juta.

“Barang-barang yang diambil pencuri berupa 2 unit Laptop, 1 buah hp, 1 unit sepeda dan 1 buah helm,” terang AKP Riko Sanjaya, Selasa, (17/4).

Diuraikan, berdasar penyelidikan, saat melakukan aksi di rumah korban pelaku masuk rumah korban dengan cara mencongkel jendela samping dan keluar melalui pintu belakang. Berbekal keterangan korban, saksi-saksi serta bukti yang berada di Tempat kejadian Perkara (TKP), unit Reskrim Polsek Wonosari bersama dengan Tim Opsnal Polres Gunungkidul melakukan pengejaran kepada pelaku.

Sambung AKP Riko Sanjaya, Petugas yang tergabung dalam Tim OPS Curat Progo 2018 melakukan pelacakan terhadap barang-barang milik korban. Setelah menetapkan target, penangkapan pelaku kemudian dilakukan.

“Unyil saat ini mendekam di Polres Gunungkidul. Petugas melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap wilayah operasi maupun jaringan komplotannya,” tambah AKP Riko Sanjaya. Apabila terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan kejahatan, AS dapat dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Kandar)

Komentar

Komentar