Capaian Kinerja Pemkab Gunungkidul Triwulan I Raih Predikat Terbaik se-DIY

oleh
Penyerahan apresiasi capaian kinerja pemerintahan Pemda se DIY. foto: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),— Pencapaian kinerja Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada Triwulan pertama tergolong optimal. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memberikan apresiasi sebab capaian kinerja Pemkab Gunungkidul menyandang predikat terbaik dari lima Kabupaten/Kota yang ada di DIY.

Pernyataan dan penyerahan laporan kinerja tersebut disampaikan Gubernur DIY kepada Bupati Hj. Badingah, S.Sos., bersamaan dengan Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan dengan Pemerintah DIY, Kamis, (25/04), di Eastparc Hotel, Jl. Laksda Adisucipto 6,5 Yogyakarta.

Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta, S.Sos., M.Si., saat dikonfirmasi menyampaikan, penilaian capaian kinerja pemerintah daerah dilihat dengan indikator perbandingan antara target fisik dengan realisasi dan deviasi. Indikator berikutnya membandingkan antara target dengan realisasi keuangan berikut dengan deviasinya.

“Bersyukur untuk triwulan satu menempati ranking pertama mengenai kinerja pemerintahan kabupaten se DIY,” kata Sri Suhartanta bangga.

Rinci disampaikan, dengan capaian untuk target fisik sampai dengan 31 Maret 2019 dengan realisasi 11,22 %, sedangkan realisasi keuangan mencapai 7,57 % atau Rp.79.434.214.819.

Lebih detail dijelaskan untuk fisik memang masih ada deviasi sebesar 5,11% yaitu selisih antara target sebesar 16,33% baru direalisasikan sebesar 11,22%. Selanjutnya target keuangan sebesar 12% atau sama dengan Rp.126.002.020.680, namun sementara realisasinya mencapai 7,57 persen atau Rp.79.434.214.819. Terjadi deviasi sebanyak 4,43 %.

“Tetapi secara umum dengan kategori kategori baik, saya sangat bersyukur, semoga kedepan lebih baik”, pungkas Sri Suhartanta.

Di Tempat terpisah Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, mengatakan, dengan capaian kategori “terbaik” dirinya sangat bersyukur, Namun tentunya kinerja harus terus ditingkatkan, mengingat pelaksanaan anggaran 2019 masih panjang.

“Waktu yang tersisa agar dapat dimanfaatkan secara maksimal agar penyerapan anggaran dan realisasi secara fisik dapat berjalan dengan baik,” harap dia. (Kandar)

Komentar

Komentar