Busana Kombinasi Tenun Dan Aneka Kain Kreasi Dani Datangkan Jutaan Rupiah

oleh
Sri Handayani diantara karya-karyanya. (KH/ Azizah)

NGAWEN, (KH) — Dewasa ini, kain tenun memang kian digemari oleh sebagian besar konsumen sandang di Indonesia. Estetikanya menjadikan tenun semakin populer di pasar tekstil Indonesia.

Berangkat dari peluang tersebut, Sri Handayani, warga Sumberan, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul ini berkreasi. Potongan atau cuilan kain tenun yang dikombinasi dengan berbagai macam jenis kain untuk dibuat baju, tas, celana ataupun rok ramai peminat.

“Awalnya saya cuma mengupload foto baju bikinan saya yang dikombinasi dengan cuilan-cuilan lurik di media sosial. Banyak yang komen katanya bagus,” kata perempuan yang sering dipanggil Dani ini, Minggu (14/04/2019) kemarin.

Berbekal dari ketertarikan rekan-rekannya, ia memberanikan diri untuk mulai menjadikan selera busananya tersebut sebagai lahan bisnis.

“Aku bekerja sama dengan beberapa penjahit di dekat rumah, jadi aku buat berdasarkan order dengan menyesuaikan ukuran tubuh customernya. Dijamin baju produksi saya limited tidak ada yang menyamai,” kata dia melanjutkan penjelasan.

Pembuatan atau pengerjaan baju, Dani menggandeng penjahit di sekitar tempat tinggalnya. Usaha tersebut sekaligus untuk memberikan tambahan pekerjaan ke orang-orang di sekitar dia.

“Ya saling menguntungkan. Sekarang ini karena orderan lumayan banyak menjelang kartinian saya kerja sama dengan 3 orang penjahit,” jelasnya.

Ketika menekuni bisnis yang tergolong unik tersebut, pernah dirinya mengalami kerugian. Kenang dia, salah satu pelanggan merasa tidak puas dengan hasil jahitan yang dikerjakan.

“Saya anggap itu biasa dalam dunia usaha, tinggal kemudian bagaimana kita evaluasi,” imbuh Dani.

Komentar

Komentar