BPTBA LIPI Menginisiasi Kerjasama Riset Dengan Shinshu University Jepang

oleh
Kegiatan visiting Profesor Uyeno (Faculty of Agriculture, Shinshu University, Nagano Japan) pada 27-29 Oktober 2019. (doc. LIPI)

GUNUNGKIDUL, (KH),– BPTBA LIPI bersama Puslit Bioteknologi LIPI mengisiasi kerjasama riset bidang pemanfaatan bahan lokal alami dalam mendukung produktivitas ternak lokal dan meningkatkan kelestarian lingkungan melalui strategi nutrisi dan mitigasi emisi metan.

Usaha ini dilakukan dengan kegiatan visiting Profesor Uyeno (Faculty of Agriculture, Shinshu University, Nagano Japan) pada 27-29 Oktober 2019 di Kampus BPTBA LIPI Gunungkidul Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan Forum Group Discussion (FGD) untuk merumuskan langkah dan stratgei kerjasama, perancangan kegiatan riset, inventarisasi dan penajaman arah riset. FGD juga memamaparkan profil masing masing lembaga dan informasi kemungkinan peningkatan kegiatan penlitian dan studi di Jepang.

Optimalisasi kerjasama juga dilakukan dengan kolaborasi BPTBA LIPI dengan Fakultas Peternakan UGM dengan penyelenggaraan kegiatan Kuliah Umum (General Lecture) bagi mahasiswa, staf pengajar dan peneliti yang diselenggarakan di Auditorium Fakultas Peternakan UGM, 29 Oktober 2019.

Kerjasama diharapkan dapat membawa produk bahan alam Indonesia bersaing dengan produk luar yang semakin banyak beredar. Hal tersebut harus didukung dengan kualitas dan kuantitas inovasi dalam negeri yang mumpuni. “Dengan semakin banyak interaksi dengan akademisi dan peneliti dari mancanegara diharapkan penelitian BPTBA LIPI semakin mengglobal dalam kualitas dan semakin membumi dalam aplikasi,” harap Kepala BPTBA LIPI, Satriyo Krido Wahono, Ph.D., Selasa, (29/10/2019).

Satriyo Krido Wahono menambahkan, peningkatan produktivitas ternak dapat dilakukan dengan pemanfaatan limbah pertanian dan hasil samping tanaman pangan.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Uyeno mengungkapkan, kerjasama antara LIPI dan Shinshu University, Japan dapat dilakukan dengan berbagai skema. “Misalnya melalui program JSPS, kata dia. (Kandar)

Komentar

Komentar