BPTBA LIPI Gelar Open House Kenalkan Berbagai Fasilitas Teknologi

oleh
Kegiatan Bulan Teknologi BPTBA LIPI Yogyakarta, di Gading, Playen. (ist)

PLAYEN, (KH),– Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BPTBA LIPI) Yogyakarta kembali menggelar Bulan Teknologi. Kegiatan tahunan tersebut digelar dari bulan Mei hingga November 2019.

Ketua Bulan Teknologi BPTBA LIPI 2019, Andi Febrisiantosa, S.Pt.M.Si.,Ph.D., mengatakan, puncak dari rangkaian acara Bulan Teknologi 2019 berlangsung dari tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2019.

“Pada puncak rangkaian acara diisi berbagai kegiatan, salah satunya open house untuk memperkenalkan seluk beluk fasilitas yang ada di BPTBA LIPI,” kata Andi.

Pengunjung Open House yang digelar di kawasan BPTBA LIPI di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul diajak melihat spot pengalengan, pengolahan sabun, pengolahan coklat, dan laboratorium in vivo yang memiliki sapi fistula.

Lebih jauh disampaikan, sebelum berkeliling, pengunjung akan diberikan materi pengenalan seputar BPTBA LIPI dan science show tematik yang berbeda setiap harinya. Kegiatan ini digelar selama puncak peringatan dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Ragam kegiatan yang lain, digelar pula Forum Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) se Indonesia, yakni forum tahunan yang mempertemukan Balitbangda se-Indonesia dalam rangkaian FGD (focus group discusion) pada tanggal 28 Oktober 2019 dengan nara sumber Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Dr. Mego Pinandito, M.Eng.

Untuk tema tahun ini, UKM Jamu Jeng In dan The Keraton Care akan menjadi destinasi kunjungan. Fieldtrip diadakan pada 29 Oktober 2019.

Bulan Teknologi juga diisi Seminar “Strategi Akselerasi Daya Saing UKM Jamu Indonesia melalui IPTEK”. Acara ini dilaksanakan pada 30 Oktober 2019. Pemateri pada seminar ini antara lain, Industri Jamu (Air Mancur) dengan materi “Strategi Akselerasi UKM Jamu menuju Industri Jamu Bertaraf Global”, Balai Besar POM Yogyakarta dengan materi “Regulasi Tata Cara Peredaran Produk serta Persyaratan Klaim Spesifik Produk Jamu, Herbal, dan Pangan Fungsional” dan CV Herbaltama Persada dengan materi “Success Story UKM Jamu Mendapatkan izin edar TR”. “Peserta  yang akan mengikuti acara ini antara lain UKM, Akademisi, dan masyarakat/komunitas,” imbuh Andi.

Sementara untuk tanggal 31 Oktober 2019, digelar seminar “Minuman dan Kosmetik Alami sebagai Wujud Kearifan Lokal Berdaya Saing Tinggi”. Dilengkapi pula agenda 1001 pesona canting batik manggar Gading. “Peserta Open House dan Expo diharapkan ikut berpartisipasi menggoreskan coretan dari canting yang disiapkan dari tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2019,” tukas Andi. (Kandar)

Komentar

Komentar