BPBD Gunungkidul Arahkan Buat Drainase di 11 Lokasi Tanah Ambles

oleh
Salah satu tanah ambles di Gunungkidul. KH/ Wibowo.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mencatat setidaknya ada 11 titik lokasi tanah ambles di Gunungkidul. fenomena tersebut terjadi menyusul adanya hujan deras yang berdurasi lama pada awal tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edi Basuki, Senin, (12/2/2018) mengatakan, 11 titik tanah ambles tersebut tersebar di 6 kecamatan.

“Setelah di Kecamatan Saptosari, fenomena amblesnya tanah juga muncul di Kecamatan Rongkop, Tepus, Ponjong, Purwosari dan Semanu,” rinci Edi Basuki membuka data.

Edi Basuki juga menerangkan, fenomena amblesnya tanah di kawasan karst merupakan hal yang biasa. Namun pihaknya menyatakan banyak warga masyarakat yang belum menyadari bahwa banyak rongga dan aliran sungai bawah tanah di Gunungkidul.

Untuk itu dirinya meminta agar masyarakat yang tanahnya ambles agar tidak panik. Pihaknya mengaku melalui koordinasi dengan pemerintah desa dan pihak kecamatan untuk memberikan arahan kepada warga agar membuat drainase di sekitar lokasi.

“Saluran air tersebut dibuat agar air tidak mengalir pada area amblesnya tanah yang membuat kubangan tanah semakin besar,” terang Edi Basuki.

BPBD juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk memasang garis polisi di sekitar lokasi. Hal tersebut dilakukan agar menjadi perhatian bahwa warga tidak boleh terlalu mendekat.

“Sebagai upaya pemetaan, kami akan berkordinasi dengan akademisi dan badan geologi agar dilakukan penelitian di kawasan amblesnya tanah,” imbuh Edi.

Saat ini sudah sudah dilakukan koordinasi dengan Sekda untuk mengirimkan surat kerja sama dengan sejumlah akademisi. (Wibowo)

Komentar

Komentar