Bonsai Seharga Ratusan Juta Dipamerkan Di Taman Kota

oleh
Bonsai seharga ratusan juta ditunjukkan oleh Gondrong. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH),– Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Gunungkidul menggelar pameran dan kontes bonsai di Taman Kota Wonosari.

Panitia Penyelenggara, Gondrong mengatakan, pameran untuk yang pertama kalinya dilaksanakan oleh PPBI ini disambut antusias para pecinta bonsai. Setidaknya hingga hari pembukaan, Selasa, (8/10/2019) ada sekitar 210 bonsai masuk mendaftar ikut pameran.

“Pameran ini diikuti pecinta bonsai DIY Jateng hingga tanggal 13 Oktober 2019 mendatang. Mulai kelas pemula hingga kelas yang biasa ikut kontes nasional,” kata dia sebelum pembukaan dimulai.

Antusiasme peserta dari luar daerah cukup tinggi. Nampak 10 bonsai berkelas dipajang panitia di salah satu sudut spot pameran. Bonsai-bonsai tersebut memiliki harga fantastis karena nilai seninya eksklusif.

“Bonsai asem jika ada yang berminat berbanderol hingga ratusan juta,” kata Gondrong sembari menunjukkan bonsai yang dimaksud. Selain unik dan bernilai estetika tinggi, lama pembuatan bonsai mempengaruhi harga bonsai.

“Bonsai asem dibuat sejak sekitar 40 tahun lalu,” imbuh Gondrong.

Selain kontes, disediakan pula bursa jual beli. Di luar itu, jika ada pengunjung yang menyukai bonsai kelas kontes tidak menutup kemungkinan terjadi transaksi meski bonsai tidak diikutkan dalam bursa jual beli.

Sementara itu, juri kontes, menyebutkan beberapa kriteria penilaian diantaranya penampilan, gerak dasar, keseimbangan dan kematangan. Menurutnya para peserta kontes bonsai di Gunungkidul tidak kalah kualitas dengan kontes nasional.

“Banyak bonsai yang saya temui di kontes nasional muncul di sini,” kata dia. (Kandar)

Komentar

Komentar