Bisnis Live Streaming Melejit, Perangkat vMix Rakitan dari Gunungkidul Laris Manis

oleh
Dani sedang menerangkan perangkat vMix rakitannya. Foto: Tugi/KH.

WONOSARI, (KH).- Di balik maraknya minat masyarakat menggemari siaran video Youtube berkonten lokal seperti siaran wayang kulit, musik campursari, orkes dangdut, acara wisuda sekolah, dan sebagainya, ada perangkat elektronik rakitan dari Gunungkidul yang laris-manis dipesan para pelaku bisnis video-shooting.

Adalah Ardani Mustofa (32), pemuda kreatif dari dari Desa Mulo Wonosari ini jeli melihat peluang pasar. Hasil karyanya berupa perangkat rakitan vMix penunjang video shooting dan live streaming laris manis kebanjiran order. Pemesannya tidak hanya lokal seputar Gunungkidul dan Yogya, tapi dari berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa.

Siapa mengira, dari rumahnya di kawasan perdesaan ini, Dani konsisten merakit perangkat yang tergolong produk industri kreatif ini. Produk rakitannya telah tersebar ke pelanggan di berbagai wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan ada yang sampai di Timor Leste.

Kualitas peralatan vMix rakitan Dani tidak kalah diadu dengan perangkat branded pabrikan luar negeri. Apalagi harga jualnya bersaing, ini yang membuat aneka produk yang berbasis software vMix bikinan Dani laris manis di pasaran. Tidak heran apabila para pegiat video-shooting jauh-jauh datang langsung dari Ngawi, Bojonegoro, Purwokerto, dan kota lainnya. Mereka datang langsung ke rumah Dani untuk mengambil pesanan, menginstall sofware di komputernya, sekaligus training merekam dan uji coba live streaming Youtube.

“Mulai awal 2018 kami mengalami booming pesanan perangkat vMix. Dibantu rekan dan anggota keluarga, kami merakit setiap pesanan peralatan. Sampai saat ini pesanan terus mengalir dari berbagai daerah. Apalagi sekarang masyarakat sangat menyukai siaran wayang kulit, orkes campursari atau dangdut melalui Youtube. Dibalik kesuksesan mereka melakukan perekaman dan siaran Youtube, ada perangkat inti yang sangat menunjang, yaitu vMix tadi,” ungkap Dani.

“Pada dasarnya kami membuat berbagai produk yang diperlukan untuk keperluan video-shooting dan live-streaming Youtube. Intinya kami merakit berbagai perangkat berbasis software vMix. Kami membuat produk sesuai pesanan pelanggan. Ada yang memesan perangkat komplit satu paket mulai dari video mixer dan recorder, rakitan komputer untuk mengolah, merekam, live-streaming, interkom antar kameramen, set kabel, dan lain-lain. Bahkan ada pelanggan yang meminta kami untuk sekalian memilih dan membelikan kamera video yang cocok, karena pelanggan pinginnya tahu beres tinggal rekam dan menyiarkan,” imbuh Dani.

Komentar

Komentar