Berdasar Pemantauan, Harga Kebutuhan Pokok Dinilai Masih Stabil

oleh
Pantauan harga sembako dan LPG di Gunungkidul. KH/ Wibowo.

GUNUNGKIDUL, (KH),–  Menjelang Hari Raya Idul Fitri harga kebutuhan pokok di Daerah Istimewa Yogykarta (DIY) dinilai masih stabil. Hal tersebut dinyatakan Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY.

Kesimpulan terkait stabilnya harga disampaikan Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY setelah melakukan pemantauan harga sembilan bahan pokok dan gas elpiji di Gunungkidul, senin, (4/6/2018).

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY, Sugeng Purwanto mengatakan, pemantauan terus dilakukan untuk mengetahui perkembangan harga.

“Harga bahan pokok di 4 Kabupaten dan 1 kota di DIY masih aman,” ungkapnya. Menurutnya, meski ada kenaikan sejumlah komoditas seperti telur ayam dan daging ayam, namun kenaikan masih dalam batas wajar.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Suryanto menyebutkan, setiap hari jajarannya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID terus bertugas guna melaporkan kenaikan harga bahan pokok sebagai bahan evaluasi.

“Secara umum kondisi kebutuhan pokok di Gunungkidul masih aman. Hanya harga gas di kalangan pengecer memang sulit dipantau,” jelas Suryanto.

Selain memantau kebutuhan pokok, TPID juga melakukan monitoring di sejumlah agen LPG di Gunungkidul. Pemantauan juga dilakukan di Gudang telur ayam dan gudang minyak goreng.

“Pemantauan yang dilakukan termasuk ketersediaan dan harga gas elpiji menjelang perayaan Idul Firi,” tukasnya. (Wibowo)

Komentar

Komentar