Beragam Bentuk Peringatan Hari Kartini di Kawasan Selatan Gunungkidul

Peringatan Hari Kartini di SDN Legundi 1 Panggang. KH/Kandar.
Peringatan Hari Kartini di SDN Legundi 1 Panggang. KH/Kandar.

PANGGANG, SAPTOSARI, TANJUNGSARI, (KH)— Pelaksanaan peringatan Hari Kartini, Selasa, (21/4/2015) oleh sejumlah satuan pendidikan cukup beragam di berbagai wilayah di kawasan selatan Gunungkidul. Tak hanya sekolah setingkat SMP dan SMA saja, tidak mau ketinggalan sekolah jenjang TK dan SD juga ikut memperingati hari lahir sosok yang akrab dengan sebutan pahlawan emansipasi wanita ini.

Selain penggantian pemakaian seragam sekolah dengan busana Jawa, terdapat berbagai perlombaan yang digelar di tiap sekolah, seperti terlihat di SDN Legundi 1 Panggang, setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan beberapa perlombaan, di antaranya: lomba baca puisi, menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, dan pemilihan dimas diajeng.

Selain siswa, wali murid juga antusias, menyempatkan hadir ke sekolah guna memberikan dukungan kepada putra-putrinya. “Sejak pukul 05.00 WIB pagi, anak saya sudah bangun mempersiapkan dandanan busana Jawa lengkap,” ujar salah satu wali murid. Pihak sekolah merencanakan akan menjadikan kegiatan semacam ini sebagai agenda rutin tiap tahun.

“Dengan semangat Kartini, kami berusaha menanamkan nilai budi pekerti dan nilai budaya kepada seluruh siswa,” kata kepala sekolah, Suharyono SPd. Sementara itu, di SMA 1 Tanjungsari, kegiatan peringatan tak kalah menarik, di sekolah ini juga terdapat beberapa perlombaan.

“Setelah selesai upacara dilaksanakan lomba karya puisi, lomba memasak olahan tradisional, dan fashion show, 11 perwakilan masing-masing kelas menampilkan karya terbaik, kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa RA Kartini,” ujar Comed Sudarsono, Kepala SMA 1 Tanjungsari.

Ditambahkan Afandi Setyawan, salah satu guru, kegiatan semacam ini hampir rutin tiap tahun dilaksanakan. Masih dalam hal ragam kegiatan peringatan, beberapa sekolah setingkat SD di Saptosari juga mengadakan kirab pertunjukan drumband. Seluruh siswa, guru dan wali murid ikut berkeliling diseputar jalan desa setempat. Ada juga sekolah yang mengadakan lomba menyanyi dan peragaan busana. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar