Belasan Kecelakaan Laut Terjadi, Puluhan Wisatawan Tersengat Impes

oleh
Seorang wisatawan mendapat perawatan petugas SAR Satlinmas Wil. II setelah mengalami kecelakaan laut, Selasa, (19/6/2018) kemarin. doc. SAR

GUNUNGKIDUL, (KH),– Pantai di Gunungkidul masih menjadi pilihan favorit wisatawan ketika menikmati libur panjang. Terhitung ratusan ribu wisatawan tersebar melakukan kunjungan ke pantai-pantai di Gunungkidul musim liburan kali ini.

Ramainya kunjungan ke pantai tersebut membuat petugas keamanan, Search And Rescue (SAR) Satlinmas Gunungkidul bekerja ekstra untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung pantai.

Berdasar data yang dihimpun SAR Satlinmas Wikayah II Gunungkidul, sejak H+1 lalu hingga hari ini, Rabu, (20/6/2018) puluhan wisatawan terkena sengatan ubur-ubur atau biota laut yang sering disebut impes (physalia physalis).

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Gunungkidul, Surisdiyanto menyebut, sebanyak 32 wisatawan tersengat impes dan belasan wisatawan mengalami kecelakaan laut.

“Ada yang terseret arus, terbentur batu karang dan lain-lain. Ada satu wisatawan meninggal dunia dimungkinkan karena henti nafas atau serangan jantung,” ungkap Surisdiyanto.

Pihaknya masih terus akan memaksimalkan seluruh personil hingga libur panjang usai. Untuk memperlancar kinerja pihakya mendapat dukungan bantuan dari beberapa instansi terkait.

TNI, Polri dan Dinas kesehatan turut membantu dengan mendirikan pos kesehatan dan pos pemantauan penyelengaraan pelayanan libur panjang kali ini.

Pihaknya menghimbau, untuk meminimalisir angka kecelakaan laut agar wisatawan patuh terhadap himbauan yang diberikan melalui pengeras suara dan tulisan peringatan yang dipasang di tempat-tempat strategis.

Dijharapkan, tulisan peringatan adanya larangan berenang di laut, waspada adanya impes hingga menjauhi tebing yang berpotensi runtuh benar-benar diperhatikan para pengunjung pantai. (Kandar)

Komentar

Komentar