Beladega Ajarkan Kebiasaan Hidup Sehat Kepada Anak

oleh
Kegiatan praktek cara sikat gigi yang benar diajarkan oleh komunitas Beladega ke anak-anak di Desa Gari. KH

WONOSARI, (KH),– Dunia anak identik dengan kegiatan bermain, tak jarang anak-anak bermain ditempat yang kotor. Biasanya setelah bermain anak-anak lupa untuk cuci tangan bahkan saat hendak makan pun mereka jarang melakukannya. Kebiasaan buruk ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan anak.

Tak hanya itu, keluhan utama terkait kesehatan anak sering terkait permasalahan gigi dan mulut. Carries gigi dan gigi berlubang sering dijumpai pada anak-anak. Hal tersebut terjadi karena kebiasaan gosok gigi anak yang salah atau bahkan malas gosok gigi saat mandi dan sebelum tidur, sehingga kuman mudah masuk ke dalam tubuh dan anak menjadi mudah sakit.

Hal tersebut menjadi alasan komunitas Belajar Asik Desa Gari (Beladega) pada bulan Desember ini mengadakan kegiatan dengan mengambil tema “Beladega Hidup Sehat”. Disampaikan salah satu koordinator kegiatan, Fidelis Tyasayu Kartikasari, tujuan kegiatan tersebut agar anak-anak Desa Gari, Kecamatan Wonosari terhindar dari penyakit.

“Mereka juga dapat mengerti bagaimana cara cuci tangan dan gosok gigi yang benar,” ujarnya Fidelis Tyasayu Kartikasari disela kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Minggu, (17/12/2017) tersebut didahului dengan senam bersama di depan Balai Desa Gari. Setelah senam, anak-anak Beladega dikumpulkan di aula balai desa untuk menonton video yang berisi tentang gosok gigi dan cuci tangan yang benar.

“Lalu anak-anak diajak diskusi bersama dan mempraktikkan cara gosok higi dan cuci tangan,” imbuh Fidelis.

Selain itu, anak-anak juga diajak bermain game tentang kesehatan, antara lain : teka-teki bergambar, pesan berantai, dan Indonesia pintar. Sementara itu, komitmen pembiasaan hidup sehat dengan cara menempelkan cap tangan di kain putih yang dibentangkan menjadi kegiatan terakhir. (Kandar)

Komentar

Komentar