Beberapa Buah Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Aneka buah. sumber: Internet.

WONOSARI, (KH),– Pernahkah anda ditegur seseorang saat menyantap buah di pagi hari? “Makan buah kok pagi-pagi, nanti sakit perut loh..”

Hal ini sering dijumpai penulis. Terlebih saat setelah bangun tidur, ketika belum makan nasi ataupun makan berat, kemudian makan buah sering dianggap sebagai penyebab menjadikan sakit perut ataupun mulas. Lantas bagaimana cara menghadapinya ?

Beberapa jenis buah cocok untuk dijadikan sarapan, bahkan memberikan manfaat untuk tubuh saat disantap dipagi hari setelah bangun tidur, ketika perut masih dalam keadaan kosong. Dilansir dari brightside.me dan sumber lain beberapa jenis buah yang boleh dan tidak boleh dimakan saat perut kosong antara lain:

Yang tidak boleh dimakan saat perut kosong;

  1. Pir

Saat kita memakan buah Pir, terasa serat yang cukup kasar. Serat kasar yang ditemukan di pir ini apabila dicerna dapat melukai selaput lendir halus jika dimakan dalam keadaan perut kosong.

  1. Pisang

Jika anda makan pisang saat perut kosong, ini akan menyebabkan jumlah magnesium dalam darah meningkat tajam. Ini dapat berakibat dapat membahayakan hati. Pisang lebih baik dimakan pada saat makan siang, hal ini bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kulit.

  1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan asam buah. Saat dimakan pada saat perut kosong, buah jeruk dapat menyebabkan mulas dan juga meningkatkan risiko grastritis atau peradangan pada dinding lambung.

Kemudian beberapa buah yang dapat dimakan saat perut dalam keadaan kosong atau dapat dikonsumsi pada waktu sarapan antara lain;

  1. Semangka

Makan buah semangka dengan perut kosong dapat memberikan asupan cairan yang baik bagi tubuh. Selain itu, semangka bagus untuk kesehatan mata dan jantung, karena tingkat lycopene yang tinggi.

  1. Bluberi

Makan blueberry secara teratur dapat meningkatkan daya ingat serta dapat mengatur tekanan darah dan metabolisme tubuh.

  1. Apel

Mengkonsumsi Apel di pagi hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena Apel mengandung pektin yang berfungsi dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. (Gemma)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar