Batu Besar Melorot, Ancam Rumah Warga Di Purwosari

oleh
Bersama warga polisi meninjau lokasi dan memasang garis polisi agar warga tidak mendekat lokasi batu yang melorot. foto: istimewa/ Humas Polsek Purwosari.

PURWOSARI, (KH),– Sebuah batu berukuran sangat besar melorot atau bergeser ke bawah dari tempat semula sejauh 1 meter. Dikhawatirkan, perpindahan batu akibat terkikisnya tanah oleh hujan tersebut berlanjut hingga terjadi longsor.

Peristiwa melorotnya batu tersebut terjadi Jum’at, (26/1/2018) kemarin sekitar pukul 13.30 WIB. Supri, warga Padukuhan Widoro, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul yang tinggal tidak jauh dari lokasi batu mengaku khawatir.

“Sebelumnya saya dengar suara gemuruh berasal dari atas bukit yang berada tepat di depan rumah. Setelah saya tengok batu besar telah bergeser dan tersangkut dua batang pohon,” ujar Supri. Peristiwa tersebut lantas dilaporkan ke pihak Polsek Purwosari dengan harapan mendapat penanganan dari pihak terkait.

Secara terpisah, Bhabinkamtibmas Polsek Purwosari, Brigadir Chorniawan mengatakan, batu tersebut beresiko atau mengancam setidaknya dua rumah warga yang berada di bawah bukit.

Berdasar peninjauan di lokasi kejadian, batu berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 6 meter. Jarak antara batu dengan dua rumah warga yang berada di bawahnya mencapai sekitar 10-an meter.

“Kami pasang garis polisi agar warga tidak mendekat. Batu diperkirakan memiliki diameter sekitar 5 meter,” terang Brigadir Chorniawan.

Guna antipasi terjadinya musibah, pihak kepolisian setempat sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa  dan kecamatan. Pihak kepolisian juga telah melakukan langkah-langkah terpadu dalam penanganan awal yang melibatkan warga masyarakat setempat. (Kandar)

Komentar

Komentar