Baron 10K 2019, Cetak Atlet Lari Sekaligus Kenalkan Pariwisata

oleh
Penyerahan hadiah Baron 10K. KH.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Demikian kiranya peribahasa yang pas mengenai gelaran Baron10K di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Event tahunan tersebut dinilai memiliki manfaat ganda.

Seperti diketahui, ribuan peserta ambil bagian pada lomba lari bertajuk Baron 10K 2019 di kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, Minggu, (8/9/2019) pagi. Digaris start, peserta lomba dilepas oleh Bupati Gunungkidul, Badingah.

Badingah mengungkapkan, event tahunan tersebut digelar dalam rangka mencetak atlet lari dari Gunungkidul serta sekaligus untuk mengenalkan pariwisata Gunungkidul.

“Kegiatan ini dapat mencetak atlet daerah. Di samping itu, Baron10K juga bisa mendorong pengembangan pariwisata di Gunungkidul salah satunya mendukung lama tinggal wisatawan,” ujar Badingah.

Dikatakan, saat ini Pemkab Gunungkidul sedang membangan dan memoles sejumlah destinasi wisata. Untuk itu, sejumlah tempat wisata tersebut harus dikenalkan kepada masyarakat luas. “Cara mengenalkan pariwisata Gunungkidul salah satunya dengan event Sport Tourism seperti Baron 10K ini. Karena lomba ini diikuti banyak atlet luar daerah,” imbuh dia.

Dengan skema Baron 10K, dua tujuan terealisasi, yakni telah mempromosikan wisata Gunungkidul secara efektif sekaligus mencetak atlet lari.

Adapun gelaran Baron 10K merupakan kerja sama 2 Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), yakni Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pihak yang ikut mendukung diantaranya seperti  Badan Otorita Borobudur (BOB), PT Bank BPD DIY, PT Pegadaian, Bank BDG Gunungkidul, Air minum Chrystaline, dan Fitbar.

Untuk menyemarakan acara juga digelar Bazaar UMKM binaan Dinas Perindag dan DPMPT Gunungkidul. Berdasar catatan panitia, Baron 10K setidaknya diikuti 3.100 pelarib yang terbagi dalam 5 kategori yaitu SD, SMP, SMA/SMK, Umum Lokal dan Umum Nasional.

Selain diikuti ribuan atlet dari Gunungkidul, atlet dari luar daerah seperti Jogja, Solo, Cianjur, Salatiga, Pacitan, Magelang, dan daerah lain serta sejumlah atlet nasional juga ikut bertanding adu cepat dilintasan kawasan Pantai Baron.

Dalam pelaksanaan lomba yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB tersebut dilengkapi dengan hiburan kesenian Gunungkidul dan kegatiatan menarik yang lain.

Komentar

Komentar