Bahaya Fenomena Remaja Minum Obat Batuk Untuk Mabuk

oleh
ilustrasi. gambar: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Fenomena negatif yang sangat berbahaya dikalangan remaja perlu diantisipasi dan dicegah semua pihak. Sebagaimana diketahui, salah satu kenyataan adanya tindakan remaja yang bertujuan menimbulkan efek mabuk dengan cara meminum obat batuk dalam dosis yang banyak benar terjadi.

Kasubag Humas Polres Iptu Ngadino menginformasikan, benar adanya tindakan remaja meminum obat batuk merek tertentu dalam jumlah banyak dilakukan bertujuan agar terjadi mabuk.

“Berdasarkan penelitian, ada konsekuensi penyakit yang akan diderita apabila mengkonsumsi sirup obat batuk ini melebihi dosis yang dianjurkan,” katanya melalui rilis informasi beberapa waktu lalu.

Terangnya, obat sirup mengandung zat kimia bernama dextromethorpan. Zat tersebut berbahaya bila berada dalam tubuh dengan dosis yang tinggi. Beberapa efek yang dapat ditimbulkan berupa kerusakan pada kulit, gagal ginjal, hati rusak, dan pembuluh darah bisa pecah hingga dapat mengakibatkan kematian.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama menjaga dan mengawasi anak-anak jangan sampai menjadi korban tindakan berbahaya tersebut. (Kandar)

Komentar

Komentar