Bagi Siswa Kelas III SMA/SMK, Inilah Skema Baru SBMPTN Mulai 2019

oleh
Link UTBK SBMPTN 2019. Dok: Tribunnews.

KABARHANDAYANI,- Skema baru seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMTPN) akan mulai diterapkan pada tahun ini. Inti skema baru ini adalah proses seleksi berprinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel, serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital. Oleh karena itu, bagi siswa kelas III SMA/SMK yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri jangan sia-siakan proses seleksi SBMPTN ini.

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 juga telah dibuka pada Jumat (1/3/2019) hari ini. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama, sebagai syarat mengikuti SBMPTN 2019 dimulai hari ini, Jumat (1/3/2019) hingga Minggu (24/3/2019) mendatang.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan baru terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) Tahun 2019. Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi ( Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi pers Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019 akhir tahun 2018 lalu menyebutkan, terdapat sejumlah ketentuan baru yang berbeda dari tahun sebelumnya, termasuk sistem tes yang dilakukan peserta sebelum mendaftar ke PTN.

Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel, serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Apa saja perbedaan aturan baru yang diterapkan pada SBMPTN 2019? Ikuti penjelasan berikut:

Komentar

Komentar