Armada Angkutan Lebaran Yang Layak Jalan Dipasang Sticker

oleh
Ramp Check kendaraan angkutan lebaran 2019. foto: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Kendaraan angkutan lebaran 2019 yang layak jalan diberi tanda dengan dipasang stiker ‘Angkutan Lebaran 2019’. Pemasangan sticker tersebut dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul usai melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dishub Gunungkidul, Syarief Armunanto beberapa waktu lalu disela kegiatan ramp check di beberapa pool bus yang melayani angkutan Lebaran menuju Gunungkidul.

Ramp check dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan penumpang angkutan umum mudik 2019,” katanya saat menggelar ramp check di garasi bus PO Maju Lancar di Kecamatan Playen.

Pihaknya berharap, setelah kendaraan dipastikan layak jalan dapat menekan angka kecelakaan. Untuk itu, pemudik agar menggunakan armada yang tertempel sticker yang artinya lolos uji kelaikan.

Selain dilaksanakan di garasi bus PO Maju Lancar ramp check juga dilakukan di garasi bus PO Rosalia Indah di Kecamatan Semin. Dari pemeriksaan petugas Dishub, berhasil ditemukan armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang kondisinya tidak layak jalan.

“Ada ban armada bus yang kondisinya aus,” ungkap Syarief. Pihaknya meminta agar temuan di lapangan dijadikan catatan untuk segera ditindaklanjuti.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi menilai ramp check penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran. Sehingga risiko insiden kecelakaan lalu lintas dapat ditekan sekecil mungkin.

Sementara itu adanya temuan kendaraan yang tidak laik jalan, pemilik perusahaan otobus mengaku siap melakukan pembenahan. (Kandar)

Komentar

Komentar