Anggota Kopwan Nelayan Diminta Manfaatkan Koperasi Agar Tak terjerat Rentenir

oleh
RAT Koperasi Wanita Mina Mandiri. foto: Dinas KUKM.

TANJUNGSARI, (KH),– Koperasi Wanita (Kopwan) Mina Mandiri menyelenggarakan RAPAT Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2018 di salah satu rumah makan di Pantai Drini, Kecamatan Tanjungsari, Kamis, (7/2/2019).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Widagdo, S.Sos.,M.Si., meminta koperasi yang beranggotakan 30 istri para nelayan tersebut diminta untuk menyelenggarakan RAT lebih awal.

“Pengurus dan anggota agar berupaya serius membesarkan koperasi. Calon anggota yang memenuhi syarat agar segera dimasukkan sebagai anggota,” pintanya.

Selain itu, Widagdo juga meminta agar anggota memanfaatkan keberadaan koperasi semaksimal mungkin, sehingga tidak terjerat rentenir.

Menurutnya, koperasi dapat menjadi penghalau rentenir. “Karena salah satu gangguan perkembangan ekonomi masyarakat Gunungkidul yakni akibat maraknya rentenir,” tandas Widagdo.

Baca Juga: Nasabah Susah Menolak Tawaran Super Mudah Bank Thangluk

 

Lanjut Widagdo, beban untuk memerangi rentenir bukan hanya di pundak pemerintah, namun perlu juga peran masyarakat untuk mendukungnya. Sehingga peran koperasi sangatlah dibutuhkan.

Sebagaimana diketahui, Koperasi Mina Mandiri telah mengantongi Badan Hukum sejak tahun 2008 dan selalu melaksanakan RAT. Koperasi ini beranggotakan ibu-ibu istri dari para nelayan yang ada di sekitaran Pantai Drini, Kabupaten Gunungkidul. (Red/ Dinas KUKM)

Komentar

Komentar