Alumni SMKN 1 Saptosari ini Ikuti Student Car Competition di London

oleh
Tim Garuda UNY untuk International Student Car Competition (Ilham: inzet). Dok: Istimewa.

SAPTOSARI, (KH), – Ilham Novi Yoga (20), alumni SMKN 1 Saptosari yang saat ini menempuh studi jurusan Otomotif di UNY sedang bersiap untuk mengikuti International Student Car Competition yang bakal digelar di London Inggris. Sebelumnya, Ilham dan anggota tim Garuda UNY telah memenangkan kompetisi tingkat Asia yang digelar di Singapura dan Korea.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh perusahaan multinasional Shell ini dimaksudkan sebagai ajang untuk mewadahi kreativitas mahasiswa di bidang otomotif. Kompetisi meliputi aspek rancang bangun, pembuatan prototype, dan gelar uji coba kendaraan yang menekankan aspek eco-drive atau kendaraan yang ramah dan hemat bahan bakar.

“Alhamdulillah, tahun ini kita bisa menjuarai tingkat Asia. Selain itu, kita juga telah mengikuti kompetisi student car di Korea. Tahun ini kita mendapatkan gelar juara Grandprix, sementara untuk tahun lalu tim dari UNY mendapatkan gelar best of the best,” ujar Ilham kepada KH, Sabtu (30/6/18).

Ilham dan anggota tim kompetisi dari UNY saat ini sedang mempersiapkan diri. “Untuk keberangkatan ke ajang internasional, secara simbolis kemarin kami telah dilepas oleh Bapak Moeldoko Kepala Staf Kantor Kepresidenan,” ujar Ilham.

“Ilham juga sempat mendatangi sekolah untuk menyampaikan kompetisi yang sedang diikuti ini,” ungkap Nugroho Wibowo, guru otomotif SMKN 1 Saptosari kepada KH, Jumat (29/6/18).

Nugroho menjelaskan, Ilham termasuk salah satu alumni sekolah yang aktif menjalin komunikasi dengan pihak sekolah.  Menurut Nugroho, sewaktu menjadi siswa SMKN 1 Saptosari, Ilham dikenal sebagai siswa dengan prestasi akademik yang cukup baik.

“Anaknya juga cekatan dalam praktik ketrampilan otomotif. Ia dulu juga aktif di kegiatan OSIS. Anaknya memang baik kepribadiannya. Meski sudah menjadi mahasiswa, ia tetap aktif menjalin komunikasi dengan sekolah, termasuk selalu meminta doa restu ke sekolah saat mengikuti perlombaan, ” ungkap Nugroho.

Dalam catatan SMKN 1 Saptosari, Ilham yang kini menjadi ketua tim mahasiswa UNY untuk lomba otomotif internasional tersebut merupakan lulusan jurusan otomotif tahun 2015/2016. Tercatat sebagai siswa dari Tanjungsari, tercatat pula orang tuanya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah yang setiap hari bekerja sebagai penjual suvenir di tempat wisata pantai Baron dan sekitarnya. Ia juga tercatat diterima kuliah di UNY tanpa tes karena prestasi akademiknya sewaktu sekolah.

“Kami juga pernah mendatangkan Ilham ke sekolah untuk memotivasi adik-adik angkatan. Supaya berbagi cerita kegigihan dalam belajar untuk mencapai cita-citanya. Keterbatasan ekonomi orang tua siswa bukan menjadi halangan untuk bisa berprestasi,” ungkap Nugroho.

Nugroho dan rekan-rekan guru SMKN 1 Saptosari turut merasa bangga terhadap capaian Ilham. “Kami mendukung dengan doa, semoga langkah Ilham dan Tim Garuda UNY yang mewakili Indonesia di ajang Internasional Student Car Competition( ISCC) di London meraih hasil terbaik,” pungkas Nugroho. (Kandar).

 

Komentar

Komentar