Aktualisasi Program Minat Baca, SMK Ini Bentuk Komunitas Literasi

oleh
Salah satu Kegiatan literasi. Seminar Mari Menulis Sejak Dini di SMK N 1 Saptosari, . KH
Salah satu Kegiatan literasi. Seminar Mari Menulis Sejak Dini di SMK N 1 Saptosari, . KH

SAPTOSARI, (KH)— Data mengenai minat baca menyebutkan, menurut The Organisation For Economic Co-operation And Development (OECD) Dalam tataran Regional budaya atau minat membaca masyarakat Indonesia berada diperingkat terendah dari 52 negara di Asia.

Berawal dari hal tersebut muncul ungkapan, bahwa persoalan minat baca merupakan sesuatu yang penting dan genting, meski tidak semendesak masalah energi dan pangan tapi pertanyaannya, bagaimana menyiapkan masa depan sebuah Negeri apabila tingkat literasi begitu rendah?

Hal inilah yang menjadi semangat lembaga atau komunitas untuk meningkatkan minat baca dilingkungannya. Seperti yang telah dilakukan siswa di SMK N 1 Saptosatri ini, mereka membentuk komunitas literasi sekolah.

Disampaikan Wakil Kepala Sekolah urusan kesiswaan, Aris Sudarmawan, dibawah induk perpustakaan, komunitas tersebut mengadakan berbagai kegiatan dalam lingkup literasi. Aktualisasi minat baca-tulis siswa dituangkan dalam bentuk karya Majalah dinding (Mading), lomba menulis cerpen, puisi, dan lainnya.

“Pernah digelar juga seminar temu penulis Gunungkidul, menuangkan karya di majalah sekolah, serta event-evet terkait yang melibatkan pelajar SMP di kawasan sekitar,” ungkap Aris.

Sementara ini, sambung dia, telah ada 20 siswa yang tergabung dalam komunitas tersebut sebagai embrionya. Diharapkan, seiring berjalannya waktu, nanti lebih banyak siswa yang akan terlibat didalamnya.

Dalam seminggu sekali, komunitas literasi sekolah ini mengadakan pertemuan di perpustakaan. Kepala Sekolah, Siti Fadilah menambahkan, sebagai apresiasi dan motivasi pengelola perpus dengan metode kejutan memberikan penghargaan bagi pengunjung, pembaca dan peminjam buku terbanyak setiap bulannya. (Kandar)

Komentar

Komentar