Aksi Bakti Sosial Warnai Kelulusan Siswa SMPN 1 Tepus

oleh
Baksos perayaan kelulusan siswa SMP 1 Tepus. KH

TEPUS, (KH),– Umumnya kelulusan sekolah selalu diwarnai dengan aksi corat-coret baju dan konvoi di jalan raya. Akan tetapi hal yang berbeda dilakukan oleh para siswa kelas 9 SMPN 1 Tepus. Mereka menggelar kegiatan bakti sosial sebagai bentuk ungkapan syukur telah lulus jenjang pendidikan SMP.

Para siswa sepakat untuk tidak merayakan kelulusan dengan hura-hura tetapi dengan cara simpatik dan menunjukkan karakter peduli sesama. Para siswa mengumpulkan uang dan barang secara sukarela  untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu di Tepus. Selain itu mereka juga menyerahkan sebagian seragam sekolah kepada adik kelasnya.

Ditemui disela-sela kegiatan baksos, Guru PAI dan Budi Pekerti sekaligus koordinator kelulusan, Jayadi, SPd.I., menyatakan, ide tersebut bukan dari pihak sekolah tetapi muncul dari siswa sendiri. Menurutnya, hal tersebut layak diapresiasi karena dengan menggelar bakti sosial akan menumbuhkan rasa kepedulian mereka terhadap masyarakat di lingkungan para siswa.

“Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan agama dan pendidikan karakter di sekolah telah berjalan, walaupun memang tetap harus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah, SMPN 1 Tepus, Heriyanto, MPd. Mengaku sangat mengapresiasi ide para siswa siswinya. Dirinya berharap cara bersyukur dengan bakti sosial bisa mengasah empati dan menginspirasi.

Menjadi bukti apresiasi, Heriyanto ikut terjun langsung mendampingi kegiatan bakti sosial tersebut. Dalam kegiatan bakti sosial tersebut terkumpul dana sebesar 1.350.000 dan barang berupa beras, mie instan dan pakaian

“Walaupun tidak banyak semoga menjadi bukti bahwa kami peduli dan berempati,” kata Koordinator bakti sosial, Didik Waskito siswa kelas 9A.

Dia menyebutkan, hasil pengumpulan dana sukarela disumbangkan kepada 24 keluarga di 8 Padukuhan di Tepus pada hari Sabtu, (26/ 5/ 2018). Masing-masing keluarga mendapat uang Rp. 50.000, beras 5 kg dan pakaian.

Respon  masyarakat yang mendapat santunan merasa kaget dan bersyukur karena mendapat bantuan dari siswa kelas 9 SMP N 1 Tepus.

“Alhamdulillah terimakasih saya ucapkan kepada anak- anak. Semoga kelak mereka sukses dan sholih” kata Mariyem salah satu penerima santunan dari Padukuhan Bintaos, Sidoharjo, Tepus mengungkapkan kegembiraan.

Selain kegiatan baksos, pihak sekolah juga menyelenggarakan Purnasiswa kelulusan  sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras siswa selama 3 tahun. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 28 Mei 2018. (Kandar)

Komentar

Komentar