Akademisi: Pendidikan Menjadi Pintu Masuk Kemajuan Gunungkidul

oleh
Dr. Tugiman, SH. M.Si, (ke dua dari kiri) saat berkunjung ke SMA Muh Al Mujahidin Wonosari. foto: ist.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Pendidikan menjadi pintu masuk kemajuan suatu daerah. Demikian disampaikan akademisi kelahiran Gunungkidul, Dr. Tugiman, SH. M.Si., beberapa waktu lalu saat pulang kampung di tengah kesibukannya.

Demikian juga untuk wilayah Gunungkidul, tandas Doktor ilmu hukum dari Universitas Padjadjaran ini, pendidikanlah yang menjadi jalan menuju kemajuan.

“Sarana dan prasarana pendidikan di Gunungkidul sudah cukup baik. Hal tersebut tentu akan berkorelasi pada kualitas pendidikan,” kata dia.

Lelaki yang berprofesi sebagai anggota TNI-AD  dengan pangkat Kolonel Inf itu tak menampik Sumber Daya Alam (SDA) di Gunungkidul terbatas, namun potensi Sumber Daya Manusia (SDM)-nya luar biasa.

“Terutama dari sisi kemauan bekerja keras. Makanya banyak perantau-perantau dari Gunungkidul yang sukses,” jelas dia.

Dia menyebutkan, perantau-perantau Gunungkidul sebelumnya telah tertantang oleh alam. Mau tidak mau harus bekerja keras. Jika tidak kerja keras, maka bisa mati betul. Lantas, ketika ke luar daerah untuk merantau orang Gunungkidul secara umum sukses.

Dalam kesempatan pulang kampung belakangan ini, dirinya menyempatkan menengok lembaga pendidikan tempatnya menuntut ilmu.

Dalam kesempatan kunjungan di SMA Muh Al Mujahidin Wonosari, Dr. Tugiman yang memiliki kediaman di Kedungpoh, Kecamatan Nglipar ini memberikian pesan motivasi kepada para siswa. (Kandar)

Komentar

Komentar