605 Warga Gunungkidul Mundur Sebagai Penerima PKH

oleh
Penyerahan sertifikat graduasi masdiri KPM PKH. KH/ Bara.

WONOSARI, (KH),– Program Keluarga Harapan (PKH) genap berusia 11 tahun. Di Gunungkidul puncak peringatannya digelar dengan agenda Gebyar PKH.

Ketua panitia peringatan, Muhammad Jadid, S,Pd mengungkapkan, selama dua tahun terakhir setidaknya ada 605 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah mengundurkan diri sebagai penerima PKH.

“605 penerima sudah ikhlas dan rela melakukan graduasi mandiri,” kata dia disela agenda peringatan bertema “PKH Gunungkidul Sejahtera Mandiri Menuju Indonesia Unggul” di alun-alun Wonosari, Gunungkidul, Sabtu, (7/9/2019).

Hal tersebut sesuai dengan tujuan utama program, yakni membuat KPM menjadi lebih mandiri dan sejahtera. Sehingga bisa mengakses layanan pendidikan dan kesehatan dengan lebih mudah.

Menurutnya tugas yang diemban seluruh pendamping atau Sumber Daya Manusia (SDM) PKH cukup besar yakni tidak hanya untuk turut mengentaskan kemiskinan, namun memotivasi masyarakat penerima bantuan apabila sudah mampu untuk segera melepaskan kepesertaan PKH-nya.

Sesuai tema peringatan yang digaungkan, PKH ingin menunjukkan bahwa inti program bukan hanya sebatas pemberian bantuan sosial dalam bentuk materiil tetapi yang paling penting ialah bagaimana PKH berupaya meningkatkan kapasitas hidup masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan.

Muhammad Jadid menambahkan, rangkaian kegiatan sebelas tahun PKH dimulai sejak 20 April 2019 lalu dengan menggelar lomba karya tulis bagi siswa-siswi SMA/ SMK dari anak KPM PKH Gunungkidul. Kumpulan karya tulis kemudian dibuat buku berjudul ‘Rampai Kisah Kegunungkidulan’. Buku tersebut merupakan kumpulan cerita asal-usul daerah asal KPM PKH tinggal. Dalam kesempatan Gebyar PKH buku diserahkan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul, Drs. Ali Ridlo MM.

Adapun isi kegiatan gebyar PKH diawali dengan kegiatan senam massal yang diikuti KPM dan SDM PKH yang mencapai 1.000-an orang. Selain senam, Gebyar PKH juga diisi hiburan Campursari, pertunjukan tari, menyanyi, hingga dalang cilik yang semua dipersembahkan oleh anak KPM PKH.

Tak hanya itu saja, 5 perwakilan KPM PKH yang telah graduasi mandiri secara simbolis dilakukan penyerahan sertifikat graduasi mandiri.

Komentar

Komentar