6 Ribu Siswa Ikuti UNBK Hari Pertama, 3 Sekolah Alami Gangguan

oleh
ilustrasi Pelaksanaan UNBK di Gunungkidul. KH

GUNUNGKIDUL, (KH),– Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Gunungkidul digelar mulai kemarin, Senin, (2/4/2018). Ujian akan berlangsung hingga 5 April 2018 nanti.

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Gunungkidul, Sukito, S.Pd, MM mengatakan, jumlah institusi  pendidikan yang menyelenggarakan UNBK untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Gunungkidul sebanyak 46 sekolah.

“Keseluruhan peserta mencapai 6.019 siswa. Terdapat kendala di tiga sekolah pada hari pertama pelaksanaan UNBK,” katanya ketika dihubungi, Senin, (2/4).

Dijelaskan, senin pagi pada sesi 1 di SMK Muh 2 Playen dan SMK Ma’arif Playen tegangan listrik padam selama kurang lebih 30 menit. Setelah listrik menyala siswa kembali melanjutkan ujian.

Sementara itu di SMK Taman Karya Songbanyu, Kecamatan Girisubo gangguan internet terjadi. Akan tetapi setelah pukul 11.00 WIB jaringan internet kembali normal sehingga siswa dapat melanjutkan ujian dengan lancar.

Sementara itu, terpisah salah satu guru SMK Muh. 2 Playen, Tukijan menjelaskan, listrik padam terjadi dari pukul 08.30 hingga pukul 08.55 WIB. Setelah padam pihak sekolah langsung melakukan pemberitahuan ke Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wonosari.

“Dari pemberitahuan dan pertanyaan yang kami sampaikan PLN mengaku tengah melakukan penyisiran. Kami juga bersiap menghidupkan genset,” terang Tukijan.

Lanjut Tukijan, muncul kekhawatiran jika menggunakan genset ada kemungkinan terjadi drop karena AC. Sebab, tiga AC yang dimiliki sekolah memiliki ukuran yang besar. Kekhawatiran menurunnya tegangan dimungkinkan menimbulkan pelaksanaan ujian semakin kacau.

Setelah rencana penggunaan genset diurungkan, upaya menghubungi PLN kembali dilakukan. Pada saat yang bersamaan listrik kembali menyala. Siswa kemudian dapat melanjutkan ujian dengan tenang.

“Siswa bersama pengawas di dalam ruangan ujian tidak begitu panik. Sesi pertama ujian berlangsung sesuai tepat waktu. Sementara sesi berikutnya berjalan lancar,” urai Tukijan.

Pihaknya berharap gangguan ujian tidak terulang hingga nanti pelaksanaan UNBK selesai sesuai jadwal. (Kandar)

Komentar

Komentar