36 Dalang Ikuti Festival Pedalangan Tingkat Kabupaten Tahun 2018

oleh

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan adat dan seni, Pemerintah Daerah Gunungkidul melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) akan menyelenggarakan Festival Pedalangan.

Festival akan dimulai, Jumat, (03/08) hingga Sabtu (05/08) bertempat di alun-alun Kota Wonosari. Kegiatan akan melibatkan perwakilan dari 18 kecamatan, dengan total peserta 36 orang,

Kabid Pelestarian dan Warisan Budaya Disbud, H. Chairul Agus Mantara, S.I.P., M.M., mengatakan, peserta terdiri dari 18 peserta dalang anak dan 18 peserta dalang dewasa.

Kegiatan tersebut rencananya akan dibuka oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., Jumat (03/08) sore.

“Program ini dimaksudkan agar kesenian wayang dapat terpelihara dengan baik. Sebab memiliki nilai-nilai luhur yakni tontonan dan tuntunan,” kata Chairul Agus Mantara, S.I.P., M.M., Rabu, (01/08) di kantornya.

Lanjutnya, kompetisi dilaksanakan dengan mencari nomor sesuai kriteria antara lain; penampil terbaik, lelucon, sabet dan wicara. Nanti akan diambil 2 terbaik dalang anak-anak dan 2 terbaik dalang dewasa.

Diungkapkan, festival ini diselenggarakan setiap tahun serta memberikan target latihan bagi sanggar dan masyarakat. Artinya bagi sanggar pelatihan pedalangan di desa atau kecamatan, dapat berkompetisi dalam festival ini.

“Sehingga dapat dilihat bagaimana kemajuan pedalangan anak dan dewasa. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI),” jelas Chairul Agus Mantara.

Ditambahkan, festival pedalangan ini berjenjang. Artinya terbaik pada anak-anak dan dewasa akan maju ke tingkat Provinsi DIY pada tahun depan. Pada tahun ini, Gunungkidul untuk kategori dalang remaja/ dewasa meraih prestasi terbaik. Albertus Danang Prakoso memperoleh juara 1. Sedangkan Nando mampu mendapat juara harapan 1 pada kategori dalang anak-anak.

“Dewan juri diambilkan dari luar Gunungkidul, baik akademisi maupun praktisi. Penutupan rencananya juga akan dilakukan bupati. Targetnya tahun depan akan memberikan prestasi terbaik,” tukasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar