18 Bregada Ikuti Festival Kirab Bergada Rakyat Kabupaten Gunungkidul

oleh
Kirab Bregada Rakyat Tahun 2018 di Kabupaten Gunungkidul. KH

GUNUNGKIDUL, (KH),– Ketua DPRD Gunungkidul, Demas Krusiswanto AMd didampinggi Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Drs. Agus Kamtono MSi melepas peserta kirab pada ajang Festival Kirab Bregada Rakyat Kabupaten Gunungkidul, Minggu, (4/11/2018).

18 peserta kirab dari 18 kecamatan di Gunungkidul setelah dilepas dari Bangsal Sewaka Praja menempuh rute dengan jarak tempuh sejauh 2,5 kilometer melintasi jalan protokol di kota Wonosari.

Drs. Agus Kamtono MSi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan  event tahunan. Festival Bregada Rakyat yang ke V Tahun 2018 ini mempertemukan komunitas seni keprajuritan rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Kabupaten Gunungkidul.

Tahun ini Gunungkidul bertindak sebagai tuan rumah. Dalam Festival Bergada Rakyat sebelumnya telah dilaksanakan di kota Yogyakarta, Sleman, Bantul dan Kulonprogo. Festival Bregada Rakyat 2018 ini difasilitasi Dinas Kebudayaan DIY dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul.

“Sejauh ini bregada rakyat Gunungkidul jumlahnya relatif lebih sedikit dari daerah lain. Kegiatan festival bregada rakyat diharapkan dapat menggairahkan semangat para pelaku seni keprajuritan rakyat di Gunungkidul,” harap Agus Kamtono.

Menurut Agus, total penampil bergada setidaknya kurang lebih ada 1.000 orang. Seni keprajuritan bregada rakyat memiliki kontribusi dalam pembangunan kebudayaan. Pertama, sebagai ajang mempererat kekompakan dan kebersamaan (golong gilig) diantara warga masyarakat.

Proses rekruiting anggota, pembuatan kreasi kostum, penciptaan tata musik bregada dan proses latihan menjadi momen-momen penting dalam merawat kohesivitas sosial warga. Serta menjadi duta seni budaya dan pariwisata dari masing-masing wilayah. Seringkali bregada rakyat diminta tampil di luar daerah bahkan luar kota.

“Sejumlah event internasionalpun beberapa kali mengundang partisipasi bregada rakyat. Hal ini kiranya jadi kesempatan melakukan promosi daerah,” harap Agus lagi. Selain itu, nilai positif keberadaannya yakni turut menggerakkan perekonomian pengrajin busana adat dan alat musik seperti batik, blangkon, lurik, surjan, lontong, kamus, celana panji serta aksesoris bregada seperti keris, pedang, tombak, panah, senapan, suling, tambur dan lainnya.

Berikut nama-nama peserta Festival Bregada Rakyat ke V tahun 2018 di Gunungkidul :

  1. Giri Manggolo (Girisubo)
  2. Darma Agung (Purwosari)
  3. Hargo Manunggal (Gedangsari)
  4. Jayeng Sudiro (Panggang)
  5. Guntur Rumekso (Rongkop)
  6. Klono Sewandono (Patuk)
  7. Pasopati (Semin)
  8. Jaga Wana (Ngawen)
  9. Wiro Manggolo (Saptosari)
  10. Yudo Manggolo (Tanjungsari)
  11. Sureng Pati (Paliyan)
  12. Jogoboyo (Tepus)
  13. Bekel Wongso Dikromo (Nglipar)
  14. Joyo Laksono (Ponjong)
  15. Wira Sanjaya (Karangmojo)
  16. Kyai Djong Katong (Semanu)
  17. Wiro Joyo (Playen)
  18. Puspo Wilogo (Wonosari)

(Kandar)

Komentar

Komentar