13 Agustus Nanti, Bendera Raksasa Berkibar Di Gunung Api Purba Nglanggeran

oleh
Bendera raksasa telah siap di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. foto: Sugeng Handoko.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Memeriahkan HUT Republik Indonesia (RI) ke 73 tahun 2018 Pemkab Gunungkidul menyelenggarakan beragam kegiatan. Salah satu agenda spektakuler yakni pengibaran bendera raksasa.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Gunungkidul ini dilangsungkan di Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk. Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti menyampaikan, selain bendera raksasa, dikibarkan pula 1.000 bendera berukuran kecil.

“Rincian bendera yang akan dikibarkan diantaranya bendera besar berukuran 28 x 42 m satu buah, 6 x 9 m satu buah, bendera 2 x 3 m sebanyak 18 buah, lalu untuk ukuran 0,4 x 0,6 m sebanyak sekitar 1.000 buah,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dalam persiapannya kegiatan tersebut melibatkan jajaran TNI, Polri, Pokdarwis, dan pelaku wisata di kawasan Gunung Api Purba. Bendera telah diusung pada Kamis, (9/8) kemarin ke lokasi puncak dimana bendera akan dibentangkan pada 13 Agustus nanti.

“Bendera raksasa/ The Giant Flag akan dikibarkan Tim Gorilla Adventure. Bersamaan beberapa bendera lain akan dipasang oleh Forkompinda dan tamu undangan,” imbuh Asti.

Selain bendera merah putih, juga dikibarkan bendera jaringan geopark Indonesia serta bendera geopark se Indonesia. Lebih jauh disampaikan, event tersebut dimeriahkan pementasan kesenian reog, jathilan dan gejog lesung dari Nglanggeran, Nglipar, serta support dari Kabupaten Wonogiri.

Dijadwalkan hadir menyaksikan kegiatan penyemarak HUT RI tersebut diantaranya datang dari Kemenpar, Badan Otoritas Borobudur (BOB), delegasi geopark se Indonesia, perwakilan dari Pemkab Pacitan dan Wonogiri serta pengelola 13 geosite di Gunungkidul. (Kandar)

Komentar

Komentar